Wujudkan Cinta Negeri dalam Perspektif Wawasan Kebangsaan Melalui Karya Seni

Anggota Komisi IV DPRD Provinsi Jatim, Hermanto, S.E. Memberikan sambutan sekaligus membuka acara Perspektif Wawasan Kebangsaan Melalui Karya Seni
Anggota Komisi IV DPRD Provinsi Jatim, Hermanto, S.E. Memberikan sambutan sekaligus membuka acara Perspektif Wawasan Kebangsaan Melalui Karya Seni

Faktanews.-(Banyuwangi) Sosialisasi Wawasan Kebangsaan bertemakan “Perspektif Wawasan Kebangsaan Melalui Karya Seni” digelar anggota komis IV Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Jawa Timur, Hermanto, S.E., acara ini juga sekaligus menjadi ajang silaturahmi dan berbuka puasa bersama 125 orang dari kalangan seniman, budayawan, pemerhati seni dan jurnalis di Hotel Santika Banyuwangi, Kamis (28/04/22).

Narasumber dalam kegiatan antara lain Wakabid Perempuan dan Anak PA GMNI Indah Catur Cahyaningtyas dan Sekretaris PA GMNI Banyuwangi Aries Umarthadi membawakan materi Peran seniman dalam Pergerakan Kebangsaan.

Dalam acara kali ini terlaksana cukup unik dan berbeda seperti mana biasanya acara-acara seperti ini tergelar, diawali penampilan dari seniman seniman Banyuwangi, maestro Pramoe dengan penjiwaan dan kobar semangat dalam puisinya yang membuat takjub dan menggetarkan jiwa, Novi dan Tarhami dengan musikalisasi puisinya yang membuat haru menyentuh kalbu, serta performa grup komedian dari Republik Rakyat Cungking dengan khas celetukan bahasa osingnya yang mampu mengocok isi perut seluruh peserta, membuat acara ini semakin ramai dan meriah.

Sarasehan ini bertujuan untuk menanamkan pentingnya kesadaran berbangsa pada generasi muda dan para seniman dalam mencegah perpecahan dan konflik sosial serta juga bisa memberikan motivasi dan daya dorong yang besar kepada masyarakat Banyuwangi agar bisa menjadi masyarakat yang guyub, tangguh dan berkualitas.

Ketua JRKI Korda Banyuwangi, Agus Wahyu Nuryadi yang biasa disapa Aguk dalam sambutannya menyampaikan bahwa, “Dengan melalui karya seni kita pupuk rasa cinta NKRI, ciptakan karya seni yang menjadi tontonan mampu menjadi tuntunan bagi yang menikmati karya seni, “ungkapnya.

Baca juga:  Ketua Peradi Banyuwangi : Pelatihan Jurnalis Harus Juga Bisa Mencetak Figur Yang Bisa Menjaga Marwah Wartawan

Hermanto, S.E. menyampaikan bahwa program serap aspirasi ini mampu menjadikan seluruh element masyarakat untuk bisa mencintai dan menjaga persatuan dan kesatuan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Dan berharap pula program sosialisasi ini dijadikan ajang konsolidasi bagi Seniman dan pemerhati seni budaya merupakan bagian integral dari masyarakat yang turut andil dalam berkontribusi memajukan budaya Banyuwangi.

“program baru dari dprd provinsi jawa timur ini merupakan salah satu partisipasi bahwa pemerintah dari semua lini hadir ditengah tengah masyarakat untuk mengajak merangkul dan mengingatkan kepada masyarakat bahwa kita harus cinta Negara Kesatuan Republik Indonesia, menjaga persaudaraan dan kebersamaan. Itu salah satu tujuan dari kegiatan ini tetapi sekali lagi bahwa ini program baru dari DPRD Provinsi Jawa Timur terkait wawasan kebangsaan tetapi juga tidak menutup kemungkinan bahwa kegiatan ini tidak harus berbicara masalah wawasan kebangsaan saja. Tetapi harapan saya program ini bisa dijadikan ajang untuk konsolidasi pelaku pelaku seni seandainya ada kegiatan kegiatan yang memang diperlukan sehingga kami bisa berpartisipasi dengan memfasilitasi acara tersebut,” ungkap dan harap dalam pidatonya sekaligus membuka acara sosialisasi wawasan kebangsaan ini.

Selanjutnya, Hermanto juga menambahkan.

“Apasih wawasan kebangsaan?, kebersamaan inti dari pancasila itu adalah gotong royong, yo bareng bareng, sopo hang mampu yo iku hang milu gendong,” imbuhnya. (fen)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.