Tak Berkategori  

Terbukti Berpaspor Amerika Serikat, MK Batalkan Orient Jadi Bupati Sabu Raijua NTT

Faktanews.co.id.–(Jakarta)– Mahkamah Konstitusi (MK) menganulir kemenangan Orient Patriot Riwu Kore  Pemilihan Bupati Sabu Raijua, Nusa Tenggara Timur (NTT).

“Mengabulkan permohonan pemohon untuk sebagian. Menyatakan batal keputusan KPU Kabupaten Sabu Raijua. Menyatakan diskualifikasi Sabu Raijua, Orient Patriot Riwu Kore-Thobieas Uly,” kata Ketua MK Anwar Usman yang dibacakan di gedung MK dan disiarkan lewat channel YouTube MK, Kamis (15/4/21).

Orient yang notabene kader PDI-P maju sebagai calon bupati berpasangan dengan kader Partai Demokrat Tobias Uly merupakan pemenang peserta Pilkada Kabupaten Sabu Raijua pada pilkada 9 Desember 2020 lalu.

Taken Irianto Radja Pono dan Herman Hegi Rdja Haba yang dikalahkan mengajukan gugatan di MK.

Dengan keputusan MK tersebut  berkonsekwensi dibatalkannya surat Keputusan KPU Kabupaten Sabu Raijua Nomor 25/HK.03.1-Kpt/5320/KPU-Kab/I/2020 tentang Penetapan Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Terpilih dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Sabu Raijua Tahun 2020 bertanggal 23 Januari 2020 lalu.

MK mendiskualifikasi karena Orient adalah pemilik paspor AS dan paspor Indonesia.

Orient diketahui memiliki paspor AS hingga 2027 sementara paspor Indonesia-nya akan berakhir April 2024 sementara Indonesia memiliki status kewarganegaraan tunggal.

Orient dinilai tidak jujur saat mengajukan permohonan paspor Indonesia dan mengajukan permohonan administrasi pendaftaran ke KPU Sabu Raijua.

“Orient is America citizen, sehingga tidak memenuhi syarat sebagaimana diatur dalam pasal 7 ayat 1 UU 10/2017 sebagai calon Bupati Sabu Raijua. Maka harus dinyatakan batal demi hukum,” kata hakim konstitusi Saldi Isra mengutip surat dari Kedubes Amerika Serikat.

Baca juga:  Kecewa, Tim Hukum Paslon YuRiz Tak Bertanggung Jawab Gugatan Yuriz Ke MK

Gugurnya Orient selaku bupati pemenang Pilkada juga diikuti gugurnya Thobias Uly sebagi wakil Bupati pemenang pilkada juga ikut gugur karena kedua adalan pasangan kontestan Pilkada.

Namun demikian gugurnya Orient selaku bupati pemenang Pilkada juga diikuti gugurnya Thobias Uly, menurut keputusan MK tidak otomatis peringkat kedua langsung menang.

Harus digelar pilkada ulang dengan diikuti 2 calon dalam jangka waktu 60 hari sejak putusan MK diucapkan.

“Tanpa perlu melaporkan hasilnya kepada MK,” ujar Saldi.

Sebelumnyaa Orient sudah terendus memiliki paspor Ganda Amerika dan Indonesia.

Status warga negara Amerika Serikat Orient mulai terungkap ketika sekitar Januari lalu Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Sabu Raijua, Nusa Tenggara Timur, mengirim surat dan menerima surat balasan dari Kedubes Amerika di Jakarta mengenai status kewarganegaraan Orient Patriot Riwu Kore.

Paspor Indonesia Orient tertulis sama dengan KTP nya merupakan warga RT 003, RW 001, Kelurahan Nunbaun Sabu, Kecamatan Alak, Kota Kupang.

Dalam jejak digital Orient lahir di Kupang, pada 7 Oktober 1965 terlahir Orang tuanya Drs. Agustinus David Riwu Kore- dari Sabu Liae- dan Ema Mariance Koroh Dimu- dari Mehara. Orient P. Riwu Kore sendiri merupakan putra ke empat dari delapan bersaudara.

Dikutip Media Suaracom, Orient P. Riwu Kore pindah ke Amerika bersama seluruh anggota keluarganya pada tahun 2003.

Trini Riwu Kore Martinez adalah istri Orient yang dinikahinya tahun 1996,keduanya memiliki dua anak salah satunya Franklin Riwu Kore seorang sniper tentara Amerika yang bertugas di Afganistan.

Baca juga:  Jokowi Perintahkan Panglima TNI dan Kapolri Untuk Kejar & Tangkap Seluruh KKB Di Papua

Anak perempuan, Jessica Riwu Kore berkuliah di Nursing Program di South Western College, San Diego  USA.

Orient P. Riwu Kore bekerja sebagai supervisor untuk membangun sistem video untuk border atau perbatasan antara USA dan Mexico.

Orient P. Riku Kore kembali ke Indonesia dengan tetap berpaspor ganda Indonesia dan USA.

Paspor Indonesia Orient tertulis sama dengan KTP nya merupakan warga RT 003, RW 001, Kelurahan Nunbaun Sabu, Kecamatan Alak, Kota Kupang.(kor/kin).

Sumber : Kanal YouTube MK & Jejak D.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *