Terapi Air Dingin Dapat Membantu Kita Tidak Stress, Kok Bisa?

  • Bagikan
Terapi Air Dingin Dapat Membantu Kita Tidak Stress, Kok Bisa?
canva

Faktanews.co.id | Pernahkah kamu berpikir untuk mandi dengan air es, atau sekedar memasukkan tangan kamu ke dalam air es? Selain dingin, terapi air es ternyata memiliki kegunaan lain seperti yang dijelaskan oleh beberapa ahli berikut.

Dr. Zoe Williams, dalam siaran BBC internasional menyarankan kemungkinan mandi dengan air es. Dalam paparannya, Williams menjelaskan beberapa teori mengenai terapi air dingin, dimana sangat dimungkinkan membuat tubuh makin kuat menghadapi stress.

“Air dingin membuat tubuh kaget. Dalam sains, air dingin memunculkan respon stress kecil. Respon tersebut bisa terjadi dimana saja, tak hanya di air dingin, bisa juga saat kita telat naik pesawat atau sedang berargumentasi, atau masuk menjadi murid baru di sekolah baru”, kata Williams.

Stress kecil yang muncul tersebut kemudian dipersiapkan oleh tubuh untuk menghadapi stress yang lebih besar. “tubuh kita didesain untuk menghadapi kondisi tak menentu. Mungkin kondisi tersbut kita hadapi setiap hari. Namun kalau terjadi tiap hari bisa saja malah menjadi jenis penyakit berat seperti diabetes, serangan jantung atau masalah kesehatan mental.

Disinilah terapi air dingin membantu. “Mungkin kita berpikir sangat menyesal saat mulai masuk dan berenang di air dingin. Membuat tubuh menjadi aneh, menimbulkan perasaan tak menentu. Takut ini atau itu terjadi pada tubuh”.

Namun itulah saat penting yang dibutuhkan tubuh. dan ketika segala hal berjalan normal, tubuh akan mengingatnya dengan baik. Dan apapun perubahan yang terjadi tak selamanya menimbulkan dampak merugikan. Bisa saja, goncangan kecil tersebut ternyata membuat tubuh beradaptasi, atau justru membuat tubuh lebih kuat dari sebelumnya.

Baca juga:  4 Buah Asli Indonesia Ini Tidak Begitu Populer, Padahal Memiliki Banyak Khasiat

“Ingatan tersebut akan membentengi dalam menghadapi stress yang lebih besar lagi. Dimana otak terus mengingat memori bahwa kita lebih kuat menghadapi goncangan kecil.”

Dapat dibayangkan, kalau kita sering melakukan hal tersebut. Untuk itu, sering-seringlah menjalani terapi air dingin. Makin lama, tubuh akan terbiasa. Semakin lama tubuh dan otak akan semakin kita kuat dalam menghadapi goncangan hidup.[fn037]

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *