Kurasi  

Tak Perlu Obat Tidur, Berikut Tips yang dapat Kamu Coba untuk Mengatasi Insomnia

Tak Perlu Obat Tidur, Berikut Tips yang dapat Kamu Coba untuk Mengatasi Insomnia
canva

Faktanews.co.id | Kurang tidur dapat menyebabkan konsentrasi dan daya tahan tubuh kamu menurun. Dan kurang tidur dapat saja berubah menjadi susah tidur atau dikenal dengan istilah insomnia. Biasanya penyebab insomnia adalah kecemasan, stres, hingga kebiasaan tidur yang buruk. Namun kamu tidak perlu menggunakan obat tidur untuk mengatasi insomnia. Dan berikut ini beberapa tips yang dapat kamu coba untuk mengatasi insomnia.

Membaca Buku

Membaca buku dapat menjadi solusi untuk kamu yang mengalami insomnia. Cobalah atur posisi tubuh agar lebih santai dan mulai membaca buku. Kamu juga dapat mencoba membaca buku sembari mendengarkan musik. Namun jangan coba-coba untuk bermain gadget,  karena cahaya biru yang terpancar pada gadget dapat mengganggu produksi hormon melatonin sehingga membuat kamu terus terjaga.

Mengonsumsi Buah Kiwi

Mengonsumsi makanan atau minuman yang kaya akan melatonin dapat membantu kamu tidur. Karena melatonin merupakan hormon yang membantu kamu untuk tidur. Kamu dapat mengonsumsi buah kiwi sebelum tidur. Mengonsumsi dua buah kiwi secara rutin selama satu bulan sebelum tidur dapat meningkatkan kualitas tidurmu sehingga dapat tidur nyenyak.

Meminum Jus Ceri Tart

Sebuah riset pada 2018 lalu  menunjukkan bahwa mengonsumsi jus ceri tart dua kali sehari selama sepekan dapat meningkatkan waktu tidur selama 84 menit.

Mencoba Teknik Relaksasi

Fungsi untuk tidur nyenyak yakni tubuh kamu harus rileks. Ada baiknya, beberapa jam sebelum tidur kamu gunakan untuk bersantai agar tubuh kami rileks sehingga bisa tidur dengan nyenyak

Baca juga:  Berkunjung ke Jejak Kolonial yang Kini Jadi Lori Wisata Kalibaru-Garahan

Makan Malam Lebih Awal

Usahakan untuk makan malam lebih awal yakni 3 hingga 4 jam sebelum kamu memutuskan untuk tidur. Karena ketika bertamu terisi makanan, terutama makanan berlemak, itu akan membuat refluks naik dan menyebabkan asam lambung  sehingga dapat mengganggu kehidupan.

Menyingkirkan Televisi dari Kamar

Sangat tidak disarankan meletakkan televisi di kamar tidur. Hal tersebut akan memperparah insomnia. Suara dan cahaya dari televisi dapat merangsang otak dan membuat kamu sulit untuk tidur.

Dan itulah beberapa tips yang dapat kamu coba untuk mengatasi insomnia atau dapat juga membuat kamu terhindar dari insomnia.[fn054]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.