Tak Hanya Indah, 5 Bunga Ini Juga Punya Filosofi yang Menarik!

  • Bagikan
Tak Hanya Indah, 5 Bunga Ini Juga Punya Filosofi yang Menarik!
canva

Faktanews.co.id | Tradisi memberikan bunga sebagai hadiah ternyata telah berlangsung sejak dahulu kala. Tradisi ini juga bahkan ditemukan di berbagai kebudayaan seperti pada era Mesir atau Yunani kuno. Selain karena alasan estetika, bunga ternyata juga menyimpan aspek-aspek emosional sehingga bisa membantu manusia dalam mengekspresikan perasaannya lho.

Supaya tidak salah mengartikan makna di balik keragaman jenis bunga, berikut 5 bunga beserta filosofinya.

Bunga Zinnia

Sebagian dari kita mungkin kerap menjumpai bunga ini kendati tak familiar dengan namanya. Mampu tumbuh dengan cepat dan mekar dengan lebat, Zinnia memiliki arti simbolis tentang ingatan pada sahabat yang lama tak berjumpa atau mereka yang akan pergi untuk waktu yang lama. Melansir Flower Meanings, Zinnia juga bisa digunakan sebagai simbolisasi dari Selamat tinggal, kasih sayang, dan juga kenangan.

Bunga Amarilis

Seperti halnya Daffodil atau Tulip, Amarilis tumbuh dari bentuk umbi dan baru akan mekar di musim semi. Kisah di baliknya juga tak kalah misterius, dikutip dari Interflora, warna merah pada bunga Amarilis memiliki kisah mitologi yang tragis, yakni cerita tentang seorang peri bernama Amaryllis dan seorang gembala bernama Alteo.

Suatu hari, sang peri jatuh cinta pada pemuda itu dan memberitahukan kuatnya perasaannya dengan cara menusuk hatinya dengan panah emas setiap hari. Akan tetapi Alteo tidak terkesan pada pernyataan cinta itu dan mengabaikannya.

Baca juga:  Dijanjikan Uang Bensin, Sopir Tertangkap Ambil Barang Paketan Berisi Narkoba

Pada hari ke-30, ketika Alteo membuka pintu rumahnya, ia menemukan bunga Amarilis merah yang tumbuh tepat di atas tempat peri itu berada.

Maka tak keliru jika bunga yang memiliki mahkota besar dan batang yang menjulang, orang-orang di era Victoria mengaitkan bunga ini dengan lambang kekuatan dan tekad. Waw!

Bunga Daffodil

Bunga yang memiliki 6 kelopak dengan ujung menyerupai terompet ini umumnya tumbuh di awal tahun. Kerap dijumpai dengan warna kuning mencolok dan bisa tumbuh hingga setinggi 60 cm, Daffodil memiliki makna yang berbeda di setiap negara. Namun secara umum, bunga ini melambangkan rasa hormat terhadap seseorang.

Bunga Morning Glory

Bunga ini hanya akan mekar pada pagi hari, yakni sekitar pukul 05.00 dan mencapai puncak mekar sempurna pada pukul 07.00. Dilansir dari Bibit Bunga Indonesia, bunga ini termasuk dalam kategori tanaman annual, yaitu tanaman yang tak berumur panjang. Dengan usia yang kurang lebih hanya 1 tahun, bunga ini menandakan cinta, kasih sayang, dan bahkan kematian.

Bunga Kamelia

Melansir Florgeous, Bunga Kamelia melambangkan cinta, pengabdian, kasih sayang, dan kekaguman. Dapat ditemukan dalam berbagai warna, bunga jenis ini ternyata dianggap penting dalam budaya di seluruh dunia.

Selain itu, bunga ini juga dapat dianggap sebagai kehalusan, kesempurnaan, dan kesetiaan, tergantung pada warna dan waktu mekarnya.

Tapi bukan hanya itu saja arti bunga ini, dalam kepercayaan di Jepang, Kamelia yang berwarna putih justru dianggap sebagai kesialan dan seringkali dikaitkan dengan kematian sekaligus pemakaman.

Baca juga:  Fadli Zon : Penghargaan Dari Jokowi Bukan Sogokan Bungkam Pengkritik

Sehingga untuk alasan ini, sebagian orang menempatkan bunga ini di kuburan sebagai pengingat bagi mereka yang telah berpulang.[fn055]

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *