Selain Menambah Energi, Banyak Mengkonsumsi Makanan Berikut Ternyata Dapat Membuat Kamu Cepat Capai dan Lemas

  • Bagikan
9 Etika Makan Dari Berbagai Negara yang Mungkin Akan Kamu Anggap Aneh
CANVA

Faktanews.co.id | Makanan kerap dikenal sebagai penambah energi. Namun, beberapa makanan berikut ini ternyata justru dapat membuat kamu lemas dan capai dengan cepat. Dengan catatan, makan yang kamu konsumsi tersebut terlalu banyak. Makanan-makanan jenis seperti itu tidak terlalu pas dikonsumsi saat kamu sedang atau akan melakukan banyak aktivitas. Makanan apa aja itu? Berikut adalah beberapa diantaranya.

Susu

Minuman yang jika kamu konsumsi terlalu banyak akan membuatmu lemas adalah susu. Begitulah kenyataannya. Susu, yang dikenal karena memiliki segudang manfaat ternyata jika kamu mengkonsumsinya dalam jumlah banyak justru dapat membuat kamu mengantuk.

Hal tersebut lantaran, dalam susu terdapat zat bernama kalsium yang dapat merubah triptofan menjadi serotonin. Serotonin adalah zat yang mengendalikan mood dan bikin rileks. Jumlah serotonin tinggi, akan membuat kamu lebih bahagia dan santai.

Serotonin tersebut akan memunculkan melatonin. Melatonin tersebut merupakan hormon yang dapat memicu kantuk. Itulah mengapa terlalu banyak mengkonsumsi susu dapat membuat kamu lemas. Makan makanan dengan kandungan karbohidrat, seperti roti sembari meminum susu akan membuat kamu lebih cepat mengantuk.

Kafein

Minuman lainnya yang dapat membuat kamu lemas dan capai adalah kopi. Sebentar, tapi bukannya mengkonsumsi kopi justru bikin banyak orang untuk terus terjaga? Mengapa justru sebaliknya? Dan sekali lagi, itulah kenyataannya. Dan lagi-lagi, hal tersebut hanya akan berlaku jika kamu terlalu banyak mengkonsumsi kopi. Kopi dengan kandungan kafein yang tinggi dapat menimbulkan perasaan gelisah dan membuat pola tidur kamu menjadi berantakan. Karena pola tidur yang berantakan tersebut, esoknya, kamu akan lemas.

Baca juga:  9 Etika Makan Dari Berbagai Negara yang Mungkin Akan Kamu Anggap Aneh

Daging

Hampir semua jenis daging, terutama daging merah serta daging kalkun memiliki banyak kandungan lemak. Pada daging merah terdapat sumber zat besi namun juga mengandung banyak lemak. Lemak inilah yang kan membuat mengantuk karena tubuh harus bekerja ekstra untuk mengolah lemak tersebut menjadi energi. Sementara daging kalkun, mengandung triptofan yang juga dapat membuat kamu mengantuk. Cara kerjanya hampir sama seperti susu, dimana zat melatonin akan muncul dan membuat tubuh kamu menjadi rileks dan akhirnya mengantuk.

Roti

Roti merupakan makanan dengan kandungan indeks glikemik yang tinggi. Kadar karbohidrat sederhana di dalam roti juga dapat membuat gula darah kamu naik dan dapat pula turun drastis. Jadi kamu akan cepat lemas dan capai lantaran kekurangan energi.

Itulah beberapa makanan yang membuat kamu cepat lemas dan capai. Lagi-lagi, jika kamu kebanyakan mengkonsumsinya, dan dikonsumsi pada momen yang tidak tepat akan membuat kamu cepat lemas dan capai. Untuk itu, makanlah sesuai porsi saja dan perlu diingat untuk menyeimbangkannya dengan mengkonsumsi makanan lain.[FN020]

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *