Punya Rambut Kering atau Lepek? Ternyata Ini Beberapa Penyebab Terjadinya

  • Bagikan
Punya Rambut Kering atau Lepek? Ternyata Ini Beberapa Penyebab Terjadinya
canva

Faktanews.co.id | Kondisi rambut yang bagus, akan membuat seorang perempuan merasa lebih percaya diri dan lebih cantik. Hal yang berbeda akan terjadi jika kamu memiliki rambut yang kering. Ada beberapa cara merawat rambut tetap indah dan bersinar. Namun perlu diketahui apa saja penyebab rambut kering. Dan inilah beberapa alasan penyebab rambut kering yang perlu kamu ketahui.

Salah satu penyebab utama yakni kulit kepala kurang dalam memproduksi minyak sehingga kulit kepala kering. Rambut tidak memiliki pelembab alami, dan rambut itu sendiri bergantung pada minyak di akar kepala untuk tetap menjaga rambut tetap lembab.

Ketika tidak mendapatkan cukup minyak dari akar, maka rambut menjadi kering. Dan semakin bertambahnya usia, kemampuan akar rambut memporduksi minyak akan berkurang dan membuat kulit kepala akan semakin kering.

Penyebab lain yakni rambut tidak dapat mengikat air. Satu helai rambut di kepala memiliki pelindung protektif bernama kutikula. Kutikula dapat memproteksi rambut dari sinar matahari. Selain itu, kutikula pada rambut berfungsi untuk mengikat air dalam rambut. Maka, rambut akan terlihat lebih lembab dan berkilau. Kutikula tersebut dapat rusak jika sering menata rambut secara berlebihan.

Berbeda dengan rambut kering, rambut lepek disebabkan produksi minyak yang berlebih. Dan akar rambut dapat memproduksi minyak. Ketika produksi minyak berlebih, rambut akan terlihat lepek dan mudah kotor. Produksi minyak berlebih dapat disebabkan beberapa hal, misalnya iklim tropis.

Baca juga:  Selain Bikin Kenyang, Menu Sarapan Berikut  Ternyata Jauh Lebih Bergizi Daripada Nasi

Ketika di bawah sinar matahari, kulit lebih aktif memproduksi keringat, hal tersebut berdampak pada akar rambut dalam memproduksi lebih banyak minyak. Terlalu sering menyisir rambut dapat juga merangsang minyak alami di akar rambut untuk keluar. Mengkonsumsi makanan berlemak dan kerap berkeramas dapat juga menyebabkan rambut terlihat berminyak dan lepek.

Dan itulah tadi beberapa alasan mengapa rambut mudah kering dan menjadi lepek. Untuk itu, selalu jaga rambut kamu supaya tidak mudah kering dan lepek.[FN035]

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *