PPDB Masih Kacau, Gubsu Jangan Anggap Enteng

  • Bagikan

FaktaNews.-(Medan)– Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Sumut, yang pelaksanaannya sampai kini masih semerawut dan penuh kekacauan.

Demikian ditegaskan Kepala Ombudsman RI Perwakilan Sumut Abyadi Siregar,Rabu (16/06/2021).

“Sejauh ini, kami belum melihat campur tangan gubernur menyikapi ruwetnya pelaksanaan PPDB ini. Justru kami lihat beliau melakukan kunjungan kerja ke daerah daerah,”ketusnya.

Begitu juga dengan Kepala Dinas Pendidikan Sumut, yang menurut Abyadi juga tidak berada di Medan, terbukti dengan adanya surat edaran penundaan pengumuman PPBD jalur prestasi yang ditandatangani oleh pelaksana harian (Plh) Kadis.

” Semestinya Gubsu mengambil tindakan cepat yang solutif untuk mengatasi kekacauan pelaksanaan PPDB tingkat SMA sederajat yang terjadi di Sumut saat ini,” harapnya.

Dikatakan, Ombudsman RI Sumut sudah melihat adanya kekacauan pelaksanaan PPDB tingkat SMA di Sumut ini, sejak proses pendaftaran jalur prestasi, afirmasi dan pemindahan orang tua pada 7-9 Juni 2021 kemarin.

“Karena pelaksanaannya yang kacau, masa pendaftarannyapun akhirnya jadi di perpanjang. Ternyata kesemerawutan dan kekacauannya tidak hanya sampai disitu saja. Sebab, sampai saat ini pun pengumuman dari jalur tetsebut belum juga terlaksanakan,” ungkapnya.

Sementara, sambung Abyadi, sesuai tahapan, pendaftaran jalur zonasi sudah harus mulai dilakukan, tapi justru tidak bisa dilaksanakan.

Bahkan, sampai tadi siang, masih banyak laporan kepada saya terkait masalah PPBD ini. Ada orang tua siswa melaporkan anaknya sampai stres dengan PPDB ini, apalagi dengan pengumuman yang tak ada kepastiannya.

Baca juga:  Supersemar Untuk Menteri Panglima TNI Letjen Soeharto

“Ada yang bertanya, pengumuman koq belum ada?pendaftaran zonasi tak bisa dilakukan? Aplikasi eror dan tak bisa akses? Aplikasi lelet? Dan sebagainya. Padahal Inikan menyangkut masa depan anak bangsa, namun kenapa Gubsu belum melakukan tindakan untuk mengatasi persoalan ini,” tanya Abyadi.

Di tempat terpisah, para orang tua dan siswa, hingga malam ini, tak henti hentinya mengutak atik android nya berharap dapat melihat langsung hasil pengumuman PPDB Sumut yang diumumkan Disdik Sumut keluar hari ini. Namun hasilnya hanya menuai umpatan karena ketidak jelasannya.

“Sampai kriting jari kami mengetik dan mengklik HP android kami seharian ini, tapi pengumuman PPDB yang diumbar Disdik Sumut itu tak jelas adanya,” kesal sejumlah orang tua siswa. (vi/kin).

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *