Pergantian Tahun Baru, Dijatim Diberlakukan Jam Malam Hingga Jum’at Pukul 04.00

  • Bagikan

Faktanews.co.id.-(Surabaya)– Beda dengan tahun-tahun sebelumnya, pergantian malam tahun 2020 ke tahun 2021 pemerintah memberlakukan peraturan super ketat.

Ini dilakukan untuk menghindari kerumunan massa, mencegah konvoi dan pesta malam tahun baru disaat masih pendemi Covid-19 yang belum usai.

Seluruh aktivitas warga yang tidak penting dihimbau untuk ditunda lebih dahulu.

Dibeberapa kota tampak Petugas melakukan penyekatan seluruh batas kota di Jatim.

Petugas juga menghimbau warga dari luar Jatim yang tidak memiliki kepentingan sangat mendesak juga dianjurkan untuk ditunda lebih dahulu masuk ke wilayah Jatim.

Aturan jam malam diberlaku bagi masyarakat yang menginap di hotel. Mereka diminta untuk tetap berdiam diri di kamar tanpa adanya perayaan tahun baru yang menimbulkan kerumunan.

Di hotel juga tidak ada aktivitas. Di kamar silakan, tapi di luar itu tidak boleh seperti di lounge dan sebagainya,” imbuhnya.

Di Jawa Timur pemberlakuan jam malam berlaku mulai Kamis (31/12/2020) mulai pukul 20.00 sampai Jumat (1/1/2021) pukul 04.00.

Sementara itu, penyekatan dilakukan di batas-batas kota oleh petugas gabungan yang dilakukan gabungan petugas TNI/Polri hingga Satpol PP juga akan melakukan patroli di tempat-tempat umum seperti restoran, cafe, tempat wisata hingga alun-alun.

“Kita akan melakukan penyekatan di pintu keluar masuk antar kota di seluruh Jatim. ada orang mau keluar akan kita lakukan pemeriksaan operasi yustisi, kalau tidak penting segera kembali,” kata Kombes Pol Latif Usman Dirlantas Polda Jatim kepada dikutip media Rabu (30/12/2020).

Baca juga:  Gunung Raung Keluarkan Suara Dentuman dan Pijar Merah, Wisatawan Diharap Tidak Mendekat Hingga Radius 2 km

Pemberlakuan ini dikecualikan bagi masyarakat yang memiliki keperluan penting dan mendesak, juga bagi mereka yang memiliki keperluan pekerjaan.

“Kalau cuma mau makan, ya mending pulang saja. kalau pulang kerja atau ada tujuan penting boleh,” tambahnya.

Diketahui, Pemerintah Provinsi Jawa Timur telah mengeluarkan Surat Edaran terkait penerapan protokol kesehatan dalam pelaksanaan kegiatan libur Tahun Baru 2021 di Jawa Timur.

Surat Edaran itu sebagai acuan untuk semua Kabupaten/Kota di Jawa Timur agar menerapkan jam malam mulai tanggal 29 Desember sampai 8 Januari 2021.

Sekda Provinsi Jatim Heru Tjahjono mengatakan, pelaksanaan jam malam teknisnya lebih lanjut diatur oleh Kabupaten/Kota.

Kota Surabaya akan menerapkan sterilisasi di Jalan Raya Darmo dan Jalan Tunjungan pada pukul 20.00 di malam Tahun Baru dan penyekatan di beberapa titik.(*kin).

  • Bagikan