Tak Berkategori  

Pembangunan Bendungan Intake Tungel Dinilai Banyak Mudharatnya

Faktanews.co.id.– Rencana matang pembangunan bendungan intake tungel Kecamatan Rikit Gaib Kabupaten Gayo Lues dinilai Gerakan Aceh Merdeka (AMGAM) perlu dikaji ulang secara menyeluruh serta mensosialisasikan dampaknya kepada masyarakat.
Pembangunan oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah itu dinilai akan berdampak langsung terhadap lingkungan karena akan terjadi perubahan keseimbangan angkutan sedimen.
Selain itu mereka juga menganggap pembangunan itu akan mengancam daerah aliran sungai sepanjang kawasan sungai tripe dan dikhawatirkan akan menyebabkan bencana ekologi seperti banjir.
Menurutnya, Sedimentasi serta abrasi pada sungai-sungai kecil sepanjang aliran tersebut, bahkan tidak tertutup kemungkinan areal areal persawahan warga yang ada dihulu akan tenggelam karena pendangkalan.
“Lebih besar mudharatnya daripada manfaatnya, karena yang diairi hanya sekitar belasan Ha lahan persawahan di tiga desa dikecamatan tersebut, belum lagi disekitar lokasi juga baru dibangun irigasi yang menelan dana milyaran rupiah, irigasi Penomon” kata ketua AMGAM Jack Gayo, Kamis (06/05/21), melalui siaran persnya.
Seperti diketahui, proyek Pembangunan Bendungan Intake Tungel itu merupakan dana Hibah dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) tahun 2020 lalu Rp 23 miliar. (Was/kor/kin).
Baca juga:  Mantan Gubernur Sumut Siap Keliling Besarkan OP2SU

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *