Pembahasan Batas Wilayah Sudah Final, Bondowoso dan Banyuwangi Bisa Bersama Mendorong Kemajuan Wisata Kawah Ijen

  • Bagikan

Faktanews.co.id.– Pembahasan batas wilayah Kabupaten Bondowoso dan Kabupaten Banyuwangi disekitar Gunung Ijen sudah final menyusul dua Kabupaten di wilayah eks karesidenan Besuki menyepakati batas yang selama ini diperselisihkan.

Pertemuan untuk membahas batas wilayah antar kabupaten berlangsung sejak 2007. dari tahun itu sudah beberapa kali pertemuan untuk membahas masalah klaim batas masing-masing.

Selama ini kedua kabupaten sama-sama mengklaim teritorial wisata alam Kawah Ijen.

Koresponden media ini mengabarkan klaim masing-masing sudah Clear usai Kementerian Dalam Negeri memfasilitasi pertemuan dua kepala daerah tersebut.

Dua pemerintahan kabupaten Banyuwangi dan Bondowoso itu dipimpin Plh Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Timur, Heru Tjahjono,Kamis (3/6/21).

Pertemuan sebagai pelaksanaan atas ketentuan PP 43 tahun 2021 itu juga dihadiri tim penegasan batas daerah, Plt Asisten 1 Wawan Setiawan.

Bupati Bondowoso Salwa Arifin juga mengakui beda pandangan soal batas-batas telah disepakati.

Kesekapatan yang dimaksud seperti batas di sekitar Gunung Raung, sekitar Gunung Rante, sekitar Kawah Ijen dan sekitar Gunung Ringgit.

Ini hasil dari tiga kali pertemuan, dokumen perbatasan sudah final disepakati Bondowoso dan Banyuwangi.

“Sisi tepi bibir Kawah Ijen sebelah barat itu wilayah Kabupaten Bondowoso. Kemudian, sisi bibir sebelah timur Kawah Ijen itu wilayah Kabupaten Banyuwangi,” katanya dilansir, Jumat (4/6/21).

Dari pertemuan itu, juga menghasilkan penegasan batas daerah antara dua kabupaten khususnya sub segmen di atas perairan kawah Ijen.

Baca juga:  Hujan Lebat : Aliran Air Dari Sekitar Roxy Akibatkan 20 Rumah Tukang Kayu Terendam Banjir

Dan nantinya ada dokumen perbatasan baru yang ditetapkan oleh Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri).

Dengan begitu, nantinya Bondowoso bisa ikut mengelola wisata Kawah Ijen.

“Siap untuk bekerjasama dengan Kabupaten Banyuwangi memajukan pariwisata di Kawah Ijen,” tandasnya.

Seperti diketahui, Kawah Ijen merupakan sebuah kawah dari Gunung Ijen dengan daya tarik pemandangan indah, Kawah gunung Ijen membentuk danau yang sangat indah.

Berada pada ketinggian 2.386 mdpl, dengan balutan kabut dan asap belerang, Wisata Kawah ijen selama ini dikenal merupakan salah satu geowisata potensial Kabupaten Banyuwangi.

Pemandangan eksotis ‘Api Biru’, (blue fire) pada malam hari membuat Kawah Ijen semakin menjadi magnit menarik wisatawan domestik maupun mancanegara.(*kor/suy/fak).

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *