Oleh-Oleh Khas Banyuwangi Berikut ini Wajib Kamu Beli ketika Berkunjung

  • Bagikan

FAKTANEWS.CO.ID | Bagai kambing sedang jalan-jalan ke Banyuwangi tentu akan sangat banyak hal menarik yang dapat kamu kunjungi. Misalnya saja mengunjungi tempat-tempat wisata yang masih asri atau menyaksikan event-event budaya dan kesenian yang tidak kalah seru.

Namun jika kami ke Banyuwangi tidak akan lengkap tanpa membawa pulang oleh-oleh untuk keluarga ataupun kerabat. Untuk itu berikut merupakan beberapa oleh-oleh khas banyuwangi yang wajib kamu beli ketika berkunjung ke Banyuwangi.

  • Kue bagiak

Kue bagiak merupakan kue khas banyuwangi yang berukuran jari telunjuk orang dewasa dan terbuat dari bahan-bahan dan proses pembuatan yang sederhana. Walau begitu nyatanya rasa kue bagiak tidak sesederhana seperti proses pembuatannya.

Bagiak atau juga disebut bagja atau bahagia merupakan ungkapan rasa syukur kepada Tuhan atas limpahan hasil panen. Dapat juga berarti kemenangan besar melawan hawa nafsu melalui hajatan keluarga. Awalnya, kue bagiak hanya tersedia ketika hari raya idul Fitri. Namun cemilan ini kemudian menjadi cemilan ciri khas banyuwangi yang dapat dinikmati setiap saat.

Rasa kue bagiak bervariasi yakni gurih, asin, dan manis yang menjadi satu. Rasanya yang unik tersebut membuat kue ini disukai oleh banyak kalangan dan menjadi pilihan oleh-oleh wajib ketika berkunjung di Banyuwangi.

  • Sale pisang

Oleh-oleh lainnya yang wajib kamu beli ketika berkunjung ke Banyuwangi yakni sale pisang. Seperti namanya, sale pisang berasal dari buah pisang yang disisir tipis kemudian dijemur hingga kering. Terdapat banyak sentra produksi sale pisang yang telah dikenal masyarakat luas. Hal tersebut membuat kamu tidak akan kesusahan ketika mencari oleh-oleh yang satu ini.

Baca juga:  Pembahasan Batas Wilayah Sudah Final, Bondowoso dan Banyuwangi Bisa Bersama Mendorong Kemajuan Wisata Kawah Ijen

Tidak mengherankan karena dahulu Banyuwangi pernah dikenal dengan julukan kota pisang lantaran banyaknya tanaman pisang di daerah tersebut. Sale pisang bahasa dari hasil kreasi sale pisang memiliki rasa dan aroma yang khas. Terdapat beberapa varian rasa dari cemilan sale pisang, misalnya saja keripik sale pisang, sale pisang goreng, dan molen sale pisang.

  • Ladrang

Latram merupakan makanan yang terbuat dari ubi jalar. Masyarakat Banyuwangi kerap menyebut oleh-olehnya sebagai Sabrang. Ladrang merupakan makanan sejenis keripik yang bentuknya bulat memanjang kecil-kecil dengan rasanya yang begitu manis.

  • Kue untir-untir

Kue untir-untir atau yang biasa juga disebut sebagai kue tambang merupakan oleh-oleh khas banyuwangi yang lezat dengan bahan dasar tepung dan kacang tanah yang ditumbuk.

Selain itu masih banyak lagi oleh-oleh khas banyuwangi yang dapat kamu coba, untuk itu jangan lupa untuk mampir ke sentra oleh-oleh yang ada di Banyuwangi dan membeli semua oleh-oleh khas yang ada di Banyuwangi.[FN080]

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *