Mochtar Kusumaatmadja Diplomat Ulung Indonesia Mantan Menteri Orde Baru Meninggal Dunia

  • Bagikan

Faktanews.co.id.–Kalimat Ucapan duka disampaikan Kantor Staf Presiden (KSP) atas meninggalnya mantan pejabat orde baru Prof Mochtar Kusumaatmadja.

Diplomat ulung dan negarawan itu meninggal dunia Minggu 6 Juni 2021 di RS Siloam pada pukul 09.15 WIB.

“Turut berdukacita atas wafatnya Mochtar Kusumaatmadja. Beliau adalah Guru Besar dan Dekan Fakultas Hukum UNPAD, Menteri Kehakiman Kabinet Pembangunan II (1973-1978) dan Menteri Luar Negeri Kabinet Pembangunan III dan IV Kabinet Pembangunan III dan IV,”, tulis Ucapan duka dari Kantor Staf Presiden (KSP) melalui akun twitternya.

Selain dikenal sebagai dunia diplomat Tanah Air yang disegani di dunia Internasional, Almarhum.Prof Mochtar Kusumaatmadja tercatat sebagai  konseptor Deklarasi Djuanda mengenai Prinsip Negara Kepulauan yang terkenal sebagai Wawasan Nusantara.

Almarhum.Prof Mochtar Kusumaatmadja tercatat sebagai tokoh pakar dalam bidang hukum teritorial laut sehingga pemikirannya menjadi representasi dalam perjanjian teritorial laut internasional.

Prof Mochtar Kusumaatmadja menjadi wakil Indonesia yang disegani di sidang PBB mengenai Hukum Laut (UNCLOS) di Jenewa dan New York dan wakil Indonesia dalam Konferensi Hukum Laut di Tokyo, Jenewa dan Colombo terkait penyelesaikan berbagai persoalan teritorial lebar laut.

Konsep Wawasan Nusantara yang digagasnya menentang anggapan, batas hak laut Indonesia hanya 3 mil dari garis pantai.

“Baru tercapai sebuah kesepakatan tentang UNCLOS 1982, yang merupakan momentum dari perjuangan panjang bangsa Indonesia untuk menjadi Archipelagic State yang diakui oleh dunia. Mochtar Kusumaatmadja telah memimpin perjuangan itu selama 25 tahun pada Konferensi Hukum Laut di PBB sampai diakuinya Prinsip Negara Kepulauan oleh dunia internasional,”kata mantan Dubes Laos Irmawan Emir Wisnandar, Minggu 6 Juni 2021.

Baca juga:  Sembilan Orang Teroris KKB Papua Dilumpuhkan, Yang Lain Tetap Diburu

Mochtar Kusumaatmadja lahir di Batavia, 17 April 1929 dan Mochtar meninggal pada Minggu, 6 Juni 2021.

“Innalillahi wainna illaihi rojiun. Semoga Almarhum Bapak Mochtar Kusumaatmadja diterima amal ibadahnya dan diberikan tempat di sisi-Nya, amin YRA, beliau Putera Bangsa Indonesia yang hebat dan akan selalu dikenang sepanjang masa. Selamat jalan Pak Mochtar,”ungkapnya.

Dalam catatan sejarah politik Indonesia, Mochtar Kusumaatmadja yang sangat vulgar dalam kritik terhadap Manifesto politik Pemerintah Soekarno berakibat dirinya sempat diberhentikan dari jabatan Guru Besar Universitas Padjajaran.

Mochtar sempat tercatat memegang jabatan mantan Menteri Luar Negeri Kabinet Pembangunan III dan IV tahun 1978-1988.

Mochtar Kusumaatmadja merupakan Guru Besar dan mantan Dekan Fakultas Hukum Universitas Padjajaran (Unpad) bandung itu, pernah menjabat Menteri Kehakiman pada Kabinet Pembangunan II era orde baru.

Dikutip dari berbagai sumber, jejak pendidikan Mochtar Kusumaatmadja  menamatkan pendidikan S1 di Fakultas Hukum Universitas Indonesia.

Mochtar Kusumaatmadja, selanjutnya meneruskan pendidikan di sejumlah perguruan tinggi bergengsi S2 di Sekolah Tinggi Hukum Yale, Amerika Serikat dan melanjutkan pendidikan hingga lulus S3 di Universitas Chicago.(*mes/vi/bio/fan).

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *