Miris, Sungai Bajulmati Beralih Fungsi Menjadi Tempat Pembuangan Sampah

Abdul Ghofar, Kepala Desa Bajulmati, inpeksi ke sungai Bajulmati yang kering terserak sampah
Abdul Ghofar, Kepala Desa Bajulmati, inpeksi ke sungai Bajulmati yang kering terserak sampah

Faktanews.-(Banyuwangi) Pemadangan tak sedap mata dari terseraknya sampah tersaji disepanjang sungai Bajulmati Kecamatan Wongsorejo Kabupaten Banyuwangi yang nampak kering tak teraliri aliran air, Rabu (15/06/2022).

Abdul Ghofar, Kepala Desa Bajulmati nampak tak senang dan prihatin melihat sampah yang terserak disepanjang sungai Bajulmati, pemandangan tersebut membuat sungai terlihat seperti alih fungsi menjadi tempat pembuangan sampah.

“Sungai Bajulmati sudah sebulan tidak mengalir dikarenakan ada perbaikan di hulu Dam Bajulmati karena banjir yang meluap, akibatnya tanggul irigasi jebol karena intensitas hujan yang tinggi. Pada saat sungai mulai dikeringkan nampaklah sampah-sampah yang berserakan didasar permukaan sungai yang mengering,” terangnya.

“Sebetulnya yang membuang sampah di sungai Bajulmati bukan hanya warga Bajulmati saja, tetapi masyarakat yang lewat di sepanjang sungai, dengan cara melemparkan sampahnya ke sungai pada saat melewatinya,” imbuhnya.

Lebih lanjut akan hal ini, Abdul Ghofar menghimbau ke masyarakat desa Bajulmati dan sekitarnya untuk tidak membuang sampah di sepanjang sungai Bajulmati tapi membuang sampah ditempat tempat yang telah disediakan untuk membuang sampah dan berharap masyarakat segera merubah pola pikir yang menjadikan sungai sebagai tempat pembuangan sampah.

“Pola pikir masyarakatlah yang menjadikan sungai sebagai alternatif pembuangan sampah, padahal sungai bukan tempat sampah, dengan adanya situasi seperti ini warga itu jangan membuang sampah di sungai karena nanti akan berakhir di laut sehingga menimbulkan pencemaran, dan juga sungai ini nantinya akan mengaliri sawah-sawah sekitar Desa Bajulmati, Sidodadi sampai Sumber Kencono,” ungkap Abdul Ghofar. (Dwi/Fen)

Baca juga:  Maggot Solusikan Kongkrit Atasi Pencemaran Sampah Organik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.