Menteri Agama Yaqut : Ucapan “Kementrian Agama Hadiah Untuk NU” Bersifat Internal Memberi Semangat Santri

  • Bagikan

FaktaNews.-(Jakarta)– Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas memberi alasan dirinya mengatakan Kementerian Agama (Kemenag) adalah hadiah negara untuk Nahdlatul Ulama (NU).

Menurut Yaqut dirinya menyampaikan itu di forum internal.

Sehingga kalimat yang diucapkan pada intinya untuk memberi semangat kepada para santri dan pondok pesantren.

Yaqut menggambarkan contoh pernyataannya soal Kemenag hadiah negara untuk NU dengan pasangan pria dan wanita yang mengatakan dunia milik berdua.

“Itu sama kira-kira ketika kalian semua ini dengan pasangannya masing-masing melihat rembulan di malam hari, (mengatakan) dunia ini milik kita berdua, yang lain cuma ngekos, salah nggak itu? Saya tanya salah nggak itu? Itu karena internal,” kata Yaqut dilansir Ikhram saat acara Annual International Conference on Islamic Studies (AICIS) 2021
di The Sunan Hotel, Surakarta, Jawa Tengah, Senin (25/10).

Sebelumnya Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas berbicara, Kementerian Agama itu hadiah negara untuk NU bukan untuk umat Islam secara umum.

Menurut Yaqut kementerian agama ada  spesifik untuk NU.

Ini dia sampaikan pada Webinar bertaraf internasioanl, dilaksanakan Rabu 20 Oktober 2021 tersebut diselenggarakan oleh RMI-PBNU dengan mengusung tema“Santri Membangun Negeri: Sudut Pandang Politik, Ekonomi, Budaya, dan Revolusi Tekonologi.

Yaqut selaku Menteri Agama Republik Indonesia diundang menjadi pembicara dalam webinar internasional.

Tema yang diangkat ini sangat menarik untuk diikuti, hingga dihadiri banyak santri.

Baca juga:  332 THL Termasuk Puluhan Nakes Tak Diperpanjang Kontrak, 71 Pensiun, 61 Orang Diangkat

“Kemenag hadiah negara untuk NU, kemenag spesifik untuk NU karena jasanya menghapus 7 kata dalam piagam Jakarta,” kata Yaqut yang dilihat peserta tidak hanya dari santri dalam negeri, terdapat pula santri dari luar negeri yang hadir.

“Jadi wajar sekarang NU itu memanfaatkan banyak peluang yang ada di Kementerian Agama, karena hadiahnya untuk NU kenapa begitu?” kata Yaqut di Webinar Internasional Peringatan Hari Santri 2021 yang diadakan RMI PBNU.

Akibat ucapan itu, Belakangan pernyataan Yaqut selaku menteri Agama dinilai kontroversial.

Pernyataan-pernyataan dalam Forum diskusi di Hari Santri tersebut menuai banyak reaksi termasuk dari kalangan NU sendiri.

Sementara itu, Menag Yaqut sendiri diketahui merupakan anggota Nahdlatul Ulama dan Ketua Gerakan Pemuda (GP) Ansor yang merupakan organisasi sayap NU.(*ikh).

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *