Kurasi  

Manfaat Berjalan Kaki yang Sangat Baik Bagi Tubuh Kamu

Manfaat Berjalan Kaki yang Sangat Baik Bagi Tubuh Kamu
canva

Faktanews.co.id | Banyak manfaat yang bakal kamu dapat dengan rutin berjalan kaki. Walau begitu, masih banyak orang yang yang enggan untuk berjalan kaki. Kamu dapat mencoba berjalan kaki sekitar 20 sampai 30 menit untuk mendapatkan manfaat yang sangat baik untuk tubuh. Dan berikut beberapa manfaat berjalan kaki yang sangat baik bagi tubuh.

Menyehatkan Jantung

Tidak sedikit penelitian yang menunjukkan jika berjalan kaki bermanfaat bagi kesehatan jantung. Misalnya saja penelitian pada 2013 lalu di mana para peneliti asal California mengumpulkan sekitar 33 ribu pelari dan 15000 pejalan kaki. Hasilnya, dalam 6 bulan penelitian tersebut baik pelari maupun pejalan kaki sama-sama memiliki manfaat dalam mengurangi resiko serangan jantung, stroke, kolesterol hingga diabetes.

Meningkatkan Fungsi Otak

Penelitian lain juga mengungkapkan bahwa tekanan yang diterima kaki ketika berjalan kaki maupun berlari dapat meningkatkan suplai darah ke otak. Hal tersebut sangat baik mengingat darah merupakan media pengantar bahan makanan serta oksigen ke seluruh tubuh termasuk juga otak.

Dengan peningkatan suplai darah ke otak, akan meningkatkan makanan dan oksigen yang diterima otak sehingga dapat berfungsi optimal. Tidak sedikit juga orang-orang yang mendapatkan itu sembari berjalan kaki.

Mengurangi Berat Badan

Jalan kaki juga dapat menjadi solusi untuk kamu menurunkan berat badan. Semakin cepat dan semakin jauh Kamu berjalan kaki akan baik bagi kamu yang ingin menurunkan berat badan. Namun perlu diingat juga untuk memperhatikan kalori yang masuk ke tubuh kamu.

Baca juga:  Sebelum Tidur, Tips Merawat Wajah Supaya Segar dan Bercahaya Saat Bangun Tidur

Melancarkan Pencernaan

Sebuah penelitian di Jerman pada 2008 lalu menunjukkan bahwa wa jalan santai seusai makan dapat mempercepat pergerakan makanan pada tubuh. Itu akan membuat makanan dengan cepat dapat dicerna daripada biasanya. Untuk itu, cobalah untuk berjalan santai 10 hingga 15 menit seusai makan.

Mengurangi Nyeri Pinggang

Cara sederhana untuk mengobati nyeri sendi yakni dengan berjalan kaki. Sebab penelitian menunjukkan sikap pengobatan nyeri pinggang dengan menggunakan klinik dan berjalan kaki memiliki hasil yang sama efektif.

Meningkatkan Kreativitas

Ide sering muncul ketika kamu mendorong mandir dibanding ketika duduk. Itu karena mondar-mandir dengan berjalan kaki dapat meningkatkan kreativitas sebanyak 60%. Kamu dapat menjadi orang yang kreatif hanya dengan berjalan kaki.

Meningkatkan Mood

Berjalan kaki 20 hingga 30 menit juga dapat meningkatkan cairan endorfin dalam tubuh. Jaranan dor Panini memiliki fungsi untuk menghilangkan rasa sakit serta meningkatkan rasa senang dan bahagia.

Dan itulah beberapa Apa manfaat yang dapat kamu peroleh dari berjalan kaki.[fn058]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.