Tak Berkategori  

Kemendikbud Akui Keteledoran Tidak Cantumkan Nama KH Hasyim Asy’ari Dalam Buku Sejarah Indonesia

Faktanews.co.id.-(Pendidikan)–Dirjen Kebudayaan Kemendikbud Hilmar Farid mengatakan, pihaknya tidak berniat menghilangkan peran KH Hasyim Asy’ari dalam kamus sejarah Indonesia terbitan Kemendikbud.

Kemendikbud menurutnya mengakui hal itu ada keteledoran dan apa yang terjadi merupakan kesalahan teknis.

berakibat nama tokoh pendiri Nahdlatul Ulama (NU) KH Hasyim Asy’ari tidak dicantumkan dalam kamus sejarah Indonesia terbitan Kemendikbud.

“Kesimpulannya terjadi keteledoran yang mana naskah yang belum siap kemudian diunggah ke laman Rumah Belajar. Tidak ada niat untuk menghilangkan KH Hasyim Asy’ari sebagai tokoh sejarah dalam buku tersebut,” terang Hilmar dalam taklimat media di Jakarta, dikutip Kumparan dari Antara, Rabu (21/4/21).

Dia menjelaskan peran KH Hasyim Asy’ari sebagai pendiri NU dijelaskan di halaman lain, hanya saja tidak ada dalam laman atau entry.

Jadi narasi menghilangkan peran KH Hasyim Asy’ari itu tidak benar. Kami mengakui memang ada kesalahan teknis dan kami memohon maaf. Kesalahan itu seharusnya tidak perlu terjadi,Katanya.

Lebih jauh Hilmar mengungkapkan kamus sejarah Indonesia yang menuai polemik itu tidak pernah diterbitkan secara resmi kemendikbud.

Sementara yang beredar di masyarakat merupakan softcopy naskah yang perlu disempurnakan.(kum/kin).

Baca juga:  Suami Dijerat UU ITE Gegara Posting Jaksa 'Main Mata' Dengan Kontraktor, Ibu Dan Anak Demo Minta Penangguhan
Penulis: Koresponden, PandhuEditor: Makin SH

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *