Tak Berkategori  

Istana : Jokowi Tidak Pulang Kampung

Faktanews.co.id.- Pihak Istana Kepresiden memastikan video iring-iringan mobil kepresidenan yang sempat viral beberapa hari ini bukan aktivitas Jokowi pulang kampung.

Ini mengklarifikasi Video yang viral dibicarakan warganet di media sosial yang menyebut dalam narasinya bahwa rombongan Presiden Joko Widodo sedang perjalanan pulang kampung (Mudik).

“Itu hari Kamis lalu (6 Mei) di Surabaya, kunjungan kerja untuk meresmikan tempat sampah yang menghasilkan listrik,” Jelas Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono Dikutip Tempo Senin, (10/5/21).

Saat itu Jokowi melakukan kunjungan kerja selama satu hari di Jawa Timur.

Setiba di Bandara Internasional Juanda, Sidoarjo rombongan presiden menuju Pusat Pemasaran dan Distribusi Ikan (PPDI) Brondong di Lamongan.

“Jadi tidak benar yang di berita itu, itu warga yang tidak tahu kegiatan Bapak Presiden,”katanya.

Jokowi juga sempat mengunjungi pabrik pengolahan makanan laut PT Bumi Menara Internusa (BMI).

Berikutnya rombongan Jokowi menyambangi fasilitas pengolahan sampah menjadi energi listrik (PSEL) di TPA Benowo, Surabaya.

Usai kunjungan sore hari Jokowi langsung bertolak ke Jakarta

Sebelumnya, Sebuah video berdurasi 41 detik mendadak viral memperlihat rombongan presiden sedang dalam perjalanan.

Nampak rombongan kendaraan mobil dan motor patroli dan pengawalan (patwal) beriring-iringan diikuti satu mobil kepresidenan berwarna hitam dengan bendea merah putih didepan bemper mobil.

Dalam video itu nampak ada seorang yang mengambil moment itu dengan bernarasi menyebut Jokowi pulang kampung padahak saat ini ada larangan mudik pada periode 6-17 Mei 2021.

Baca juga:  Penjual Sembako Ternyata Distributor Uang Asing Palsu Bernilai Triliun Rupiah

“Ini letter B. Ini pulang apa mudik nih kayak begini? Itu letter B semua tuh.” Perekam melanjutkan: “Udah buka wilayah, pulang kampung. RI 1 pulang kampung tuh. RI 1 pulang kampung…”kata perekam Video.

Bantahan senada juga disampaikan Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin.

“Itu benar rombongan Presiden. Video tersebut saat Presiden kunjungan kerja ke Jawa Timur hari Kamis (6/5/2021),” terang Bey dikutip Kompas.com, Senin (10/5/21).

Penulusuran koresponden dilapangan menyebutkan pemadangan dalam video itu nampak di daerah Gresik sebelum masuk Gerbang Tol Kebomas disaat rombongan Jokowi dalam perjalanan dari Lamongan menuju Surabaya.

Dikutip dari Setkab RI, Presiden Jokowi melakukan kunjungan kerja ke Jawa Timur pada Kamis 6 Mei 2021.

Hal tersebut berkesuaian didalam rombongan terdapat beberapa mobil dengan plat nomor bertanda L dalam video tersebut.(*koc/tec/kor/vid/kin).

Foto : Tangkap Layar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *