Inilah Beberapa Penyedia Buku Digital, Mulai dari yang Gratis Hingga Berbayar Ada

  • Bagikan
Inilah Beberapa Penyedia Buku Digital, Mulai dari yang Gratis Hingga Berbayar Ada
canva

Faktanews.co.id | Di masa pandemi ini, banyak orang yang telah nyaman mengerjakan apapun dari rumah. Baik saat mengerjakan tugas sekolah ataupun kuliah. Selain itu, jika sedang senggang, kita membutuhkan bacaan-bacaan tertentu untuk mengisi hobi membaca.

Kabar baiknya, begitu banyak aplikasi penyedia buku digital legal yang dapat diakses dari mana saja. Tentu dengan banyaknya penyedia buku digital tersebut, akan membuat kita untuk turut serta mengurangi pembajakan-pembajakan buku yang tidak bertanggung-jawab.

Dan berikut ini beberapa penyedia buku digital, baik yang menyediakan buku digital tanpa biaya maupun yang berbayar.

Ipusnas

Aplikasi penyedia e-book ini dikelola langsung oleh perpustakaan nasional Indonesia. Beragam kategori buku digital tersedia disini, mulai dari biografi hingga novel fiksi ada. Uniknya, untuk membaca koleksi buku digitalnya, kamu harus sedikit sabar. Karena terdapat kuota dari masing-masing buku digital, jadi jika tidak kebagian, kamu harus antri hingga stok buku yang telah dipinjam tersebut dikembalikan.

Untuk batas peminjamannya, satu  buku digital dapat dipinjam selama 7-14 hari. Walaupun dalam kurun waktu tersebut kamu belum selesai membacanya, secara otomatis buku digital yang kamu pinjam akan hilang dari daftar pinjam. Untuk maksimal buku yang dapat dipinjam hanya 3 buku saja.

Lontara

Jika buku yang hendak kamu cari tidak tersedia di Ipusnas, coba cari di lontara. Karena di lontara, pembaca, penulis, dan penerbit saling bekerja sama untuk menyediakan buku digital terbaiknya di sini.

Baca juga:  Wowok dan Obsesi Patrol Menjadi Hiburan Entertainment Menarik Wisatawan

Kategori buku yang tersedia juga beragam, seperti biografi, pengembangan diri parenting, agama, motivasi, hobi, perempuan, ensiklopedia, puisi, dan lainnya.

Layanan yang disediakan meliputi layanan sewa dan layanan beli yang keduanya diharuskan untuk membayar. Setiap buku digital yang akan dibaca telah tertulis harga sewanya masing-masing.

Dan setiap buku yang kamu sewa bisa kamu baca selama dua pekan. Jika dalam dua pekan kamu selesai, kamu dapat memperpanjang sewa dengan membayar kembali. Pun dengan buku yang ingin kamu beli, terdapat harga beli yang tertera.

Rakata

Rakata mirip dengan lontara. Letak pembedanya, rakata hanya menyediakan buku digital yang diterbitkan oleh penerbit Bentang Pustaka. Layanan yang diberikan juga sama, yakni sewa dan beli.

Play Book

Mungkin kamu sudah tidak asing lagi dengan aplikasi milik Google yang satu ini. Selain memiliki banyak koleksi buku, play book juga memiliki tampilan yang ramah pengguna.

Fitur yang tersedia pun cukup lengkap, misalnya saja fungsi stabilo yang akan memudahkan kamu untuk menandai kalimat penting, ada juga bookmark yang berguna bila kamu ingin istirahat membaca.

Layanan pada aplikasi ini ada dua, yakni beli buku dan baca buku, yang berarti ada juga buku digital yang disediakan secara gratis.

Gramedia Digital

Penyedia buku digital yang satu ini juga barangkali sudah tidak asing di telinga kamu. Buku yang tersedia di gramedia digital adalah buku-buku terbitan gramedia.

Baca juga:  Kasek SMAN 1 Glenmore Janji Berikan Layanan Terbaik

Layanan gramedia digital adalah layanan berlangganan. Dimana terdapat paket pilihan seperti paket e-book fiksi dan non fiksi yang dapat kamu pilih.

Dan itulah beberapa penyedia buku digital, mulai dari yang gratis, berbayar, dan berlangganan yang patut kamu coba.[fn040]

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *