Ikut Geliatkan Pariwisata Banyuwangi, Bank Mandiri Salurkan CSR Pengelolaan Sampah 2 M

  • Bagikan

FaktaNews.-(Banyuwangi)– Industri pariwisata lokal terus berbenah menyusul membaiknya situasi pandemi covid-19 di Tanah Air sebagai dampak dari masifnya program vaksinasi oleh pemerintah pusat dan pemerintah daerah.

Guna mendukung hal itu, Bank Mandiri menggandeng Pemkab Banyuwangi dan organisasi peduli lingkungan Greeneration Foundation melaksanakan program Eco Ranger untuk meningkatkan pengelolaan sampah dan memberikan nilai tambah kepada masyarakat

Eco Ranger sendiri merupakan kampanye yang bertujuan menciptakan pola kepedulian di masyarakat lokal guna menyelesaikan masalah persampahan di kawasan wisata nasional dengan program yang sistematik, tepat guna dan berkelanjutan.

Untuk itu, Bank Mandiri menyiapkan anggaran kepedulian sosial (CSR) sekitar Rp.2 miliar untuk pelaksanaan program Eco Ranger selama satu tahun di destinasi wisata Pulau Pantai Merah, Banyuwangi.

Menurut Direktur Hubungan Kelembagaan Bank Mandiri Rohan Hafas, dukungan kepada program ini merupakan realisasi komitmen perseroan pada penguatan aspek ekonomi sosial masyarakat secara berkelanjutan dengan tetap mengedepankan kearifan lokal.

“Sebagai bagian dari kampanye BUMN untuk Indonesia, kami berharap dukungan ini juga bisa membantu mempersiapkan destinasi wisata Banyuwangi menyambut kehadiran wisatawan yang diperkirakan akan mulai berdatangan seiring kebijakan pelonggaran pembatasan aktivitas sosial karena perkembangan positif situasi pandemi covid di Indonesia,”kata Rohan saat mendampingi Menteri BUMN Erick Thohir dalam kunjungan kerja di Banyuwangi, Sabtu, (18/9).

Dia menambahkan, pihaknya optimis program Eco Ranger akan memberikan perubahan yang konkrit.

Baca juga:  Mantan Bupati Azwar Anas Teko Neng Program Eco Ranger Neng Dusun Kakao - Glenmore

Pasalnya, Greeneration Foundation pernah menjadi sebagai salah satu finalis kompetisi Wirausaha Muda Mandiri (WMM) tahun 2011.

Dalam kesempatan yang dihadiri mantan Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas tersebut, Menteri BUMN Erick Thohir juga berkesempatan mengunjungi dan menikmati keberadaan Amphitheater alam yang terintegrasi dengan fasilitas Home Stay dan wisata Kakao di dataran tinggi Glenmore Banyuwangi.

Rohan menjelaskan, fasilitas Amphitheater dan Home Stay Glenmore merupakan salah satu kontribusi program CSR peduli wisata Bank Mandiri yang telah diresmikan penggunaannya pada Oktober 2020 lalu.

Dengan anggaran CSR perseroan sebesar Rp1,6 miliar, keberadaan fasilitas Amphiteather dan Home Stay ini juga dimaksudkan untuk memberdayakan masyarakat di sekitar Glenmore. Buktinya, pengelolaan fasilitas wisata ini melibatkan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) pagar Gunung

“Sebagai bentuk dukungan pada pariwisata Banyuwangi, bangunan Amphitheater ini mengusung konsep budaya Osing yang dibuat dengan arsitektur unik, yakni berbentuk ornamen omprog serta motif gajah oleng sebagai ikon, serta tulisan Osing diatasnya. Kami berharap Amphitheater ini dapat menjadi salah satu ikon wisata berbasis komunitas Banyuwangi,”kata Rohan.(*kin).

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *