Ibu Hamil Wajib Mengkonsumsi Buah Pisang, Kandungan Nutrisinya Begitu Berlimpah

  • Bagikan
Ibu Hamil Wajib Mengkonsumsi Buah Pisang, Kandungan Nutrisinya Begitu Berlimpah
canva 47

Faktanews.co.id | National Institutes of Health beberapa waktu lalu sangat merekomendasikan ibu hamil untuk tiga hingga empat buah sehari. Itu karena manfaat buah pisang untuk ibu hamil begitu besar.

Buah pisang memiliki nutrisi yang tidak hanya dibutuhkan oleh eh si ibu namun juga dibutuhkan oleh janin di dalam kandungan. Dengan mengonsumsi buah tersebut berbagai masalah yang menyertai kehamilan dapat diminimalisir bahkan dicegah.

Dan berikut merupakan beberapa apa kandungan yang terdapat pada buah pisang serta fungsinya.

Serat

Buah pisang memiliki kandungan serat yang tinggi yakni 6 gram per buah pisang. Manfaat serat tersebut begitu efektif mencegah perut kembung serta dapat melancarkan buang air besar.

Pada buah pisang juga terdapat antacid dan pectin yang berfungsi untuk menekan sekresi asam Yoga dapat menormalkan motilitas usus. Itu akan membuat rasa mulas serta gangguan pencernaan yang biasanya muncul selama masa hamil dapat dicegah.

Zat besi

Pada setiap 225 gram pisang, terdapat zat besi sebesar 3%. Zat besi akan mencegah anemia, karena kandungan zat besi mampu menghasilkan hemoglobin. Anemia dapat menyebabkan komplikasi selama trimester akhir kehamilan juga saat melahirkan. Untuk itu harus dicegah.

Asam folat

Buah pisang memiliki kandungan asam folat yang dapat mencegah defisiensi yang yang dapat menimbulkan kelahiran bayi secara prematur. Asam folat juga berfungsi untuk merangsang perkembangan saraf otak dan sumsum tulang belakang bayi dalam kandungan.

Vitamin B6

Setiap harinya, ibu hamil membutuhkan vitamin B6 sebesar 1,9 miligram. Hanya dengan mengkonsumsi 1 buah pisang setiap hari, dapat memenuhi kebutuhan tersebut. Vitamin B6 larut dalam air hal tersebut dapat merangsang perkembangan sel-sel yang membangun sistem saraf pusat.

Ada juga beberapa nutrisi lain yang terkandung pada buah pisang. Misalnya saja protein, kalsium, kalium, karbohidrat, mineral, dan vitamin C. Selain itu, terdapat juga sejumlah zat gula alami seperti glukosa, fruktosa, dan sukrosa yang juga bermanfaat bagi ibu hamil dan bayi dalam kandungannya.

Dan itulah beberapa apa kandungan pada buah pisang yang sangat bermanfaat bagi ibu hamil.[fn047]

Baca juga:  Mendapat dukungan penuh Bappeda dan Dinkes Kab. Banyuwangi FBS sangat siap menghadapi Verifikasi Nasional tahun 2021
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *