DPRD Banyuwangi Harapkan Dinas Perikanan Sentuh Pemasaran, Dispar Perhatikan Pelaku Seni

  • Bagikan

Faktanews.co.id.-(Banyuwangi)– Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Banyuwangi menilai kinerja Dinas Perikanan perlu melakukan maksimalisasi agar petani budi daya ikan merasakan hasilnya dalam perekonomian.

Selain itu, wakil rakyat dalam komisi ini meminta eksekutif mitra kerja dalam penanganan Pariwisata memperhatikan para pelaku seni yang terpuruk saat pandemi Covid-19.

Ini disampaikan wakil rakyat saat Rapat Kerja (Raker) Komisi II DPRD Banyuwangi dengan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) terkait termasuk diantaranya Dinas Perikanan, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, Pemkab Banyuwangi, Selasa (10/11/2020).

Dalam Raker dengan SKPD terkait tersebut, Komisi II menilai pendampingan Pemasaran Pemberdayaan Perikanan harusnya dilakukan dan berkelanjutan terhadap masyarakat yang menggeluti sektor pembudidaya perikanan darat.

Selama ini menurutnya, pemerintah Kabupaten Banyuwangi lebih hanya berfokus memberikan pelatihan dan bantuan modal.

Sementara itu dalam hal ekonomi, pengelolaan perikanan budidaya atau perikanan darat agar aktifitas pemberdayaan masyarakat dan Pemasaran juga harus sama-sama berjalan.

“Untuk sektor perikanan harus juga di suport anggaran, sektor perikanan darat, bagaimana bisa lebih maksimal, khususnya produk perikanan bisa laku di pasaran sehingga pendapatan masyarakat dapat meningkat,”ungkap Sekretaris Komisi II DPRD Kabupaten Banyuwangi, Drs.Suyatno.

Dalam Raker digedung DPRD Banyuwangi itu, Sektor pariwisata juga tak luput dari sorotan dan perhatian politisi Partai Golkar asal daerah pemilihan Banyuwangi IV ini.

Menurutnya, SKPD yang membidangi memaksimalkan peran pelaku seni di tengah pandemi Covid-19.

Baca juga:  Sungai Watch Lirik Banyuwangi

“Memberikan ijin pertunjukan yang bersifat terbatas ataupun virtual perlu dilakukan agar ekonomi pelaku seni merangkak pulih,”katanya.

Politisi senior asal partai Golkar itu juga menyarankan, Pemkab Banyuwangi dalam hal ini Dinas Kebudayaan dan Pariwisata lebih menekankan kemitraan dengan daerah lain yang dunia pariwisatanya lebih maju.

“Komisi II menyarankan kepada Pemkab Banyuwangi agar bermitra dengan daerah-daerah lain yang pariwisatanya lebih maju, bukan justru  bersaing,”katanya.(*ndu/kin).

  • Bagikan