Ditangkap di Malang, Tiba Di Bareskrim Polri Gus Nur Di Swab COVID-19

  • Bagikan

Faktanews.co.id.– Ditangkap di Malang jelang dini hari terkait dugaan tindak pidana penghinaan dan ujaran kebencian melalui media elektronik, tiba di Bareskrim Polri, Jakarta Selatan Sugi Nur Rahardja alias Gus Nur langsung menjalani pemeriksaan swab COVID-19,(24/10/20).

Bareskrim mewajibkan tersangka yang akan menjalani pemeriksaan di Bareskrim Polri diperiksa kesehatannya.

“Sesuai SOP (standard operating procedure),”kata Direktur Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri Brigjen Slamet Uliandi, Sabtu (24/10/2020).

Seperti diketahui, Bareskrim Polri menangkap Sugi Nur Rahardja alias Gus Nur di rumahnya Jalan Cucak Rawun 15L, Kecamatan Pakis, Kabupaten Malang, jelang dini hari tadi.

Gus Nur yang diinformasikan baru saja menghadiri pengajian di Kedungkandang, Kota Malang seperti sudah mengerti akan ditangkap menyusul dirinya dilaporkan Ketua Pengurus Nahdlatul Ulama (NU) Cabang Cirebon Azis Hakim ke Bareskrim Polri kemarin. Laporan itu bernomor LP/B/0596/X/2020/BARESKRIM tanggal 21 Oktober 2020.

Laporan ini buntut dari pernyataan Gus Nur disebarkan dalam akun YouTube MUNJIAT Channel pada 16 Oktober 2020, yang dinilai menyebarkan informasi untuk menimbulkan rasa kebencian atau permusuhan terkait NU.

Saat rumahnya didatangi beberapa polisi Gus Nur dikabarkan baru pulang pengajian di wilayah Kedungkandang Malang dan sedang tengah menjalani terapi bekam.

Gus Nur yang tahu yang datang polisi langsung menemui aparat kepolisian yang kemudian melakukan penggeledahan dan menyita sejumlah barang seperti laptop dan beberapa lainnya termasuk baju yang dipakai Gus Nur dalam unggahan video yang kini jadi kasus tersebut.

Baca juga:  Dilantik Di Surabaya, Ipuk/Sugirah Fokus Punguatan Ekonomi Rakyat Dan Banyak Berkantor di Desa

Keluarga juga tidak menyoal penangkapan oleh polisi karena sudah dilengkapi surat penangkapan

“Sudah diprediksi, mereka (polisi) datang ya iya saja. Selama masih bawa surat-surat yang dia (polisi) bawa berarti kan masih sah,” kata Putra kedua Gus Nur, Muhammad Munjiat (21), Sabtu (24/10/20).

Lebih jauh Munjiat menyebut, Gus Nur sudah dua hari ini berada di Malang kediaman Gus Nur sejak setahun terakhir ini.

“Sering di luar kota, baru dua hari ini di sini (Malang),” ungkap Munjiat.(gec/hay).

  • Bagikan