Di Tengah Keterbatasan Sosialisasi, KPU Banyuwangi Target 77,5 % Partisipasi Masyarakat Pemilih

Faktanews.co.id.-(Banyuwangi)–Komisi Pemilihan Umum (KPU) Banyuwangi menyadari partisipasi Media massa dan wartawan sangat berperan penting dalam Sukses Pilkada Banyuwangi.

“Saya berterima kasih dan terus berharap teman-teman wartawan ikut mensosialisasikan Pilkada Banyuwangi pada masyarakat baik dalam pemberitaan maupun bertemu masyarakat secara langsung saat dilingkungan tempat tinggalnya,”kata Devisi Hukum dan Pengawasan Mewakili Ketua KPUD Banyuwangi, Dian Mardiayanto, pada acara Media Gathering dengan puluhan wartawan dari berbagai media cetak maupun online di RM Apung Kertosari, Banyuwangi,Selasa (24/11/20).

Dian mengatakan, semangat partisipasi masyarakat terus diupayakan ditengah banyak keterbatasan peran KPUD dalam sosialisasi utamannya kepada masyarakat pemilih karena pandemi Covid-19 seperti saat ini.

Padahal disisi lain menurut devisi SDM dan sosialisasi Partisipasi masyarakat Dian Purnawan,S.E, KPUD Banyuwangi punya target lebih dari pemilu-pemilu sebelumnya.

“Dalam pilkada sebelum target 75 % sementara disaat banyak keterbatasan akibat Covid-19 KPU Banyuwangi berupaya ada peningkatan partisipasi masyarakat mencapai 77,5%, kalau bisa lebih,” katanya.

Semua pihak termasuk KPU menyadari Pilkada 2020 dirasakan kurang greget karena kendala larangan kerumunan dan pembatasan jumlah orang berkumpul karena aturan Covid-19.

“Kita akui itu, semaraknya juga kurang dari pemilu – pemilu sebelumnya, seperti suara-suara penyemangat biasanya ramai, tepuk tangan dukungan nampak meriah namun sekarang seperti yang masyarakat lihat kelihatan sepi, karena hanya beberapa orang yang boleh masuk dalam acara debat paslon, sedang simpatisan tidak boleh masuk dalam acara debat,”ungkapnya.

Baca juga:  Hutang Piutang Berbuntut Penjarahan 3,7 kg Di Toko Emas Genteng 

Oleh karena itu, pihak KPUD akan terus bekerja lebih maksimal dalam Sosialiasi

“Hari ini secara langsung sekali lagi kami berharap partisipasinya pada kawan-kawan media, utamanya dipedalaman di pinggir-pinggir desa mengetahui bahwa Cabub di pilkada Banyuwangi Ada dua yaitu,Pak Yusuf dan Bu Ipuk, dan mereka (masyarakat) ikut memilih,”pungkasnya.(*kin).