Di E-Park Banyuwangi Terdapat Buah dari Paduan Semangka dan Melon yang Unik

  • Bagikan

FAKTANEWS.CO.ID | Keberadaan ruang terbuka hijau di Banyuwangi semakin lengkap dengan adanya E-Park di kawasan barat Timur GOR tawangalun Banyuwangi. E-Park merupakan kawasan kebun yang dikembangkan dinas kebersihan dan pertamanan Banyuwangi. Kebun tersebut dibangun dengan konsep edukasi, ekologi dan ekonomi.

Banyuwangi berkebun merupakan program the cafe Banyuwangi yang tujuannya untuk menyebarkan kepedulian lingkungan melalui Urban farming. Caranya dengan memanfaatkan lahan lahan tidur untuk dijadikan kebun yang produktif. Selain berkebun, Pemkab Banyuwangi juga menggalakkan kolam-kolam ikan dan gerakan menghidangkan buah buah lokal.

Urban farming tersebut juga memanfaatkan setiap jengkal tanah di pekarangan rumah dengan menanam sayuran dan buah. Hal tersebut nantinya akan meningkatkan ketahanan pangan.

E-Park Banyuwangi sendiri juga merupakan taman kota yang dahulu merupakan lahan yang tidak produktif. Taman tersebut dibangun di atas lahan seluas 2000 M2 yang awalnya merupakan lokasi pembuangan sampah. Usah dibenahi dan dijadikan sebuah taman untuk berkebun kini taman tersebut menjadi lahan produktif yang sesuai dengan semangat Urban farming.

Ekologi dalam E-Park memiliki fungsi untuk menambah titik hijau dengan pemanfaatan ruang kota. Sedangkan edukasi memberikan pendidikan ke publik untuk lebih cinta terhadap lingkungan. Dan ekonomi merupakan tambah penghasilan dari pemanfaatan ruang kota.

E-Park juga dapat dimanfaatkan untuk berbagai pelatihan yang terkait dengan penguatan program Banyuwangi berkebun. Pemanfaatan tersebut akan membuat masyarakat reduksi mengenai Urban farming atau pertanian perkotaan sebagai pemanfaatan lahan tidur di perkotaan menjadi lahan hijau yang produktif.

Baca juga:  Tiap Taun Lubang Buaya Cemetuk Ono Upacara Nyiram Kembang Ngenget Korban PKI

Misalnya saja seperti cara bertanam hidroponik, aquaponik, vertikultur, lahan serta pot. Masyarakat juga nantinya akan dilatih cara membuat pupuk sendiri.

Pengunjung akan disambut dengan deretan tanaman hias bonsai ketika memasuki E-Park Banyuwangi. Ada juga sebuah gerbang melengkung yang dirambati tanaman bunga bougenville dengan beragam warna.

Di sana juga terdapat gazebo untuk kamu beristirahat ketika lelah berkeliling E-Park Banyuwangi. Ada juga cafe dengan beragam menu yang merupakan hasil berkebun di Banyuwangi yang akan memanjakan perut kamu apabila lapar.

Di E-Park Banyuwangi juga terdapat sebuah kombinasi antara semangka dan melon yang bernama buah Selon. Selain itu terdapat juga green house dan rumah adat Using di E-Park Banyuwangi ini.[FN082]

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *