Deteksi Dini Potensi Kebakaran, Kalapas Lakukan Pengecekan Kelistrikan

  • Bagikan

FaktaNews.-(Medan)– Belajar dari kejadian Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Tangerang yang diduga kebakaran karena hubungan arus pendek (korsleting) Listrik, Lapas Narkotika Pematang Siantar melakukan pengecekan instalasi listrik.

Ini dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya korsleting (hubungan arus pendek) penyebab kebakaran di kamar hunian warga binaan pemasyarakatan.

Keterangan yang diperoleh awak media, Sabtu (11/09/21), Kanwil Kemenkumham Sumut EP Prayer Manik AMd. IP, SH, MH terjun langsung melakukan pengecekan instalasi listrik Jumat (10/09/2021) bersama petugas PLN kantor cabang setempat.

Pemeriksaan meliputi kelayakan jaringan listrik, suplay jumlah voltase listrik agar tetap stabil, serta perbaikan seluruh perangkat listrik yang sudah usang seperti tempat lampu, saklar atau alat yang menghubungkan dan memutuskan ke jaringan listrik dan lainnya.

Kalapas EP Prayer Manik mengatakan, dalam pengecekan ini telah di temukan beberapa tempat yang kemungkinan terjadinya gangguan arus listrik/korsleting.

Untuk itu, Kalapas langsung
meminta pihak PLN untuk membantu memperbaiki instalasi listrik di Lapas Narkotika tersebut.

Kegiatan pengecekan instalasi listrik ini akan dilakukan secara berkala menjadi salah satu mengantisipasi kemungkinan terjadinya musibah kebakaran

“Pengawasan kelistrikan yang selama rutin kami lakukan, kini semakin ditingkatkan termasuk deteksi dini juga terus dilakukan melalui penggeledahan rutin guna mencegah masuknya atau memusnahkan barang yang dikhawatirkan dapat menimbulkan gangguan keamanan di dalam lapas,”terang Kalapas EP Prayer Manik.

Dalam kesempatan itu pihaknya juga menekankan agar kebutuhan pemakaian listrik tidak sampai melebihi kapasitas daya yang ada serta menghindari kegiatan yang berpotensi dapat menimbulkan kebakaran.(vid/kin).

Baca juga:  Kepala Remuk Digilas Truk Tanah Urug, Warga Padang Tualang Tewas
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *