Tak Berkategori  

Dalam Harjaba, Bupati Ipuk Beri Penghargaan Kepada BPN Banyuwangi Atas Terbitnya 2100 Sertifikat Aset Pemkab

FaktaNesws.-(Banyuwangi)– Sejumlah  aset milik Pemkab.Banyuwangi diinformasikan telah mendapat kepastian hukum dalam kepemilikan menyusul terbitnya sertifikat dari Kantor Pertanahan Kabupaten Banyuwangi.

Ada sebanyak 2100 aset Pemkab Banyuwangi berhasil sudah disertifikasi.

Atas terbitnya sertifikat tersebut,  diserahkan Bupati Ipul Fiestiandani memberikan Penghargaan Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Banyuwangi, Budiono saat peringatan Hari Jadi Banyuwangi ke-250, di Pendopo Sabha Swagata Blambangan Banyuwangi, Sabtu (18/12/2021).

Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani memberikan penghargaan kepada Kantor Pertanahan Kabupaten Banyuwangi Kategori Pengamanan Aset.

“Kami ucapkan terima kasih pada Kantor Pertanahan Banyuwangi atas upaya dan kerja keras melakukan sertifikasi aset Banyuwangi,” ujar Ipuk saat memberikan penghargaan kepada tokoh-tokoh inspiratif Kabupaten Banyuwangi.

Sebelumnya, Ipuk telah bertemu dengan Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional Sofyan Djalil pada 9 Desember 2021.

Dalam pertemuan itu, Ipuk melaporkan program percepatan sertifikasi aset tanah dan bangunan milik Pemkab Banyuwangi.

Ada 3.922 bidang tanah yang sedang disertifikasi oleh pemkab. Semuanya ditargetkan tuntas pada tahun mendatang.

Bupati Ipuk mengatakan terbitnya sertifikat merupakan multiplier perekonomian.

“Dengan terbitnya sertipikat maka akan mendorong terbentuknya iklim berusaha dan investasi dan tentunya hal ini akan meningkatkan perekonomian masyarakat,” kata Ipuk.

Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Banyuwangi, Budiono mengatakan, selain 2100 sertipikat aset Pemkab Banyuwangi, pihaknya pada tahun 2021 ini telah menyelesaikan pendaftaran 64.350 bidang tanah masyarakat Banyuwangi.

Baca juga:  Ketua Komisi I DPRD Banyuwangi Kembali Tegaskan Temuan Dalam Sidak Program Rantang Kasih

Menurutnya, Sertipikat termasuk dalam program Presiden Joko Widodo yaitu program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap atau PTSL.

Saat ini pihak BPN Banyuwangi juga tengah memproses pendaftaran 1926 bidang tanah wakaf Nahdlatul Ulama Banyuwangi.

Hal ini merupakan tindaklanjut dari Perjanjian Kerja Sama Percepatan Sertipikasi Tanah Wakaf antara Menteri ATR/BPN dengan Pimpinan NU beberapa waktu silam.

Terkait penghargaan yang dia terima menurut Budiono hal itu merupakan perwujudan komitmen Kantor Pertanahan Kabupaten Banyuwangi untuk membantu pemkab serta masyarakat Banyuwangi pada umumnya.

“Sertipikat merupakan bukti kepemilikan hak atas tanah. Sejumlah 2100 sertipikat tanah aset Pemda ini merupakan kado kami untuk masyarakat Banyuwangi,” terangnya.(*ndu/kin).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *