Bupati Ipuk dan Plt Kadis PUCKPP Pimpin Langsung Penanganan Longsor di Jalur Erek-Erek KWA Ijen

FaktaNews.-(Banyuwangi)–“Insya Allah dalam tiga hari ke depan sudah bisa dilewati. Kami upayakan secepatnya bisa selesai,” kata Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani, Selasa (28/6/2022).

Ini disampaikan Bupati Ipuk saat meninjau lokasi Longsor di jalur menuju Kawah Ijen tepatnya di jalur Erek-Erek yang hingga kini masih dalam penanganan tim untuk membersihkan Material tanah lumpur maupun kayu yang menutupi jalur menuju Kawah Ijen.

Material longsor menutupi jalur itu sekitar sepanjang 30 meter dan tinggi 4 hingga 6 meter.

Longsor di erek erek KWA Ijen terjadi akibat hujan dengan intensitas yang tinggi pada, Senin (27/6/2022).

Saat ini pembersihan material dilakukan Dinas Pekerjaan Umum Cipta Karya, Perumahan dan Permukiman (DPU CKPP) Kabupaten Banyuwangi bersama tim menggunakan tiga alat berat.

Dilapangan, relawan BPBD dan Tagana dibantu masyarakat, TNI dan Polri turut membersihkan material longsor sempat terlihat menyulitkan pembersihan karena jalan Erek-Erek yang menanjak dan curam.

“Mohon maaf jalur menuju Kawah Ijen masih belum bisa dilalui karena tertutup longsor,” kata istri mantan Bupati Azwar Anas yang melihat Langsung dilokasi bersama Plt. Kadis PU CKPP Banyuwangi, Danang Hartanto.

Ipuk berharap tahapan pembersihan di terganggu oleh cuaca turunnya hujan lagi ini bisa mempercepat pembersihan.

Plt Kepala Dinas PU dan Bina Marga, Danang Hartanto mengatakan longsor terjadi dua kali dalam sehari pada senen kemarin.

Baca juga:  Apa Kabar Lelang Jabatan Pemkab.Banyuwangi

Berselang longsor pertama pada senin pagi pihaknya langsung melakukan pembersihan dengan menggunakan alat berat.

Namun saat upaya pembersihan belum selesai, sekitar pukul 16.00 terjadi longsor kembali kali ini longsor cukup besar dan sempat berakibat
satu alat berat terjebak dalam jalur yang sudah tertutup reruntuhan material longsor tersebut.

“Saat itu pembersihan diihentikan sementara karena tidak memungkinkan apalagi cuaca saat itu memungkinkan potensi membahayakan pihak yang terlibat pembersihan.

Danang bersama tim pembersihan berupaya maksimal mempercepat upaya pembersihan setidaknya seperti yang disampaikan Bupati Ipuk pada Jumat jalur tersebut sudah bisa dilewati kembali.

Untuk itu menurut Danang, sebelum dilalui pengendara usai pembersihan material selanjutnya akan dilakukan upaya lanjutan.

“Setelah pembersihan akan kami lakukan penyiraman sebelum dilalui,”jelasnya.

Menurut Danang langkah-langkah lanjutan sangat diperlukan agar jalur erek-erek KWA Ijen bisa digunakan dengan aman (tidak licin) saat para pengendara lalu lintas diarea tersebut.(*feu/Yo/kin).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.