Bupati Bogor Ade Yasin Yang Tertangkap KPK Ternyata Politikus PPP

FaktaNews.–Kabar Bupati Bogor Ade Yasin terkena OTT KPK menjadi perhatian Publick pekan Akhir Bulan Ramadhan.

Pelaksana Tugas Juru Bicara KPK Ali Fikri mengatakan, bahwa Operasi Tangkap Tangan (OTT) tersebut dilakukan sejak Selasa (26/4/2022) malam, hingga Rabu pagi (27/4/2022).

Selain Ade Yasin yang juga politikus Partai Persatuan Pembangunan (PPP) terkait isu suap, kabarnya KPK  juga menangkap beberapa pihak dari BPK Perwakilan Jawa Barat lainnya.

Dalam OTT ini KPK menyita sejumlah uang dalam bentuk pecahan rupiah dan masih dalam konfirmasi baik jumlah maupun dari mana uang tersebut.

“Kegiatan tangkap tangan ini dilakukan karena ada dugaan tindak pidana korupsi pemberian dan penerimaan suap,” kata Ali.

Para pihak yang ditangkap masih menjalani pemeriksaan intensif selama 1×24 jam sebelum KPK dapat menentukan status hukum mereka.

Saat ini KPK masih memeriksa pihak-pihak yang ditangkap tersebut dan dalam waktu 1×24 jam KPK harus memastikan status pihak-pihak hasil tangkap tangan tersebut.

“Perkembangannya akan disampaikan lebih lanjut,” terang Ali.

Diketahui, Ade Yasin Bupati Bogor yang ditangkap KPK merupakan kader dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP).

Ade Yasin pernah menjabat sebagai anggota DPRD Kabupaten Bogor Fraksi PPP periode 2014 hingga 2018 pada periode ini Ade Munawaroh Yasin sempat menjadi Wakil Ketua 1 DPRD Kabupaten Bogor (2014-2018);

Sebelumnya, politikus kelahiran Bogor, Jawa Barat pada tanggal 29 Mei 1968 (54 tahun) ini juga menjadi Ketua Komisi 1 DPRD Kabupaten Bogor saat menjabat pada periode 2009-2014.

Baca juga:  Hari Ini Dikabarkan, 55 Jaksa Baru KPK Dilantik

Dan pada pemilihan kepala daerah Kabupaten Bogor 2018, Ade Yasin mencalonkan diri sebagai calon bupati didampingi calon wakil bupati, Iwan Setiawan.

Didukung tiga partai politik, PPP, PKB, dan Partai Gerindra, Ade Yasin yang berpasangan dengan Iwan Setiawan dengan perolehan suara tertinggi 912.221 suara atau 41,12 persen meninggalkan empat pesaing pasangan calon lainnya untuk menduduki jabatan Bupati dan Wakil Bupati Bogot

Dilansir dari berbagai sumber, Ade Yasin juga menjabat Ketua Dewan Pimpinan Wilayah Partai Persatuan Pembangunan (DPW PPP) Jawa Barat dalam Musyawarah Wilayah (Muswil) ke-VIII PPP Provinsi Jabar di Cianjur pada Maret 2021.

Ade Yasin terpilih secara aklamasi untuk memimpin DPW Jawa Barat pada periode 2021-2026.(*anm/kin).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.