Tak Berkategori  

Bentrok Perguruan Silat Diharapkan Untuk Pelajaran Bersama

FaktaNews.-(Banyuwangi)– Sempat Bentrok dan menewaskan satu orang serta yang beberapa yang lain luka-luka, diharapkan tak terjadi lagi dimasa mendatang.

Ketua DPD Partai Nasdem Banyuwangi Ir H Supriyadi Karima Syaiful, mengajak semua komponen masyarakat bisa memetik pelajaran dalam masalah ini.

Dia juga berharap Ikrar damai kedua perguruan silat itu maupun upaya penegakan hukum yang sedang dilakukan aparat menjadi tolak ukur keadilan.

Seperti Diketahui, dua perguruan silat Banyuwangi Persatuan Setia Hati Terate(PSHT) dan Pagar Nusa) terjadi di Desa Sukorejo, Kecamatan Bangorejo Kamis (10/3/2022), dini hari telah menewaskan satu orang.

Belakangan dua perguruan silat ini (PSHT dan Pagar Nusa) melakukan ikrar damai secara serentak di setiap Kecamatan, Selasa (15/3/22) siang.

Ikrar damai ini diharapkan bisa mengantisipasi bentrok susulan berikutnya mereka masing-masing bisa menjaga ketertiban di Banyuwangi.

Pembacaan ikrar disaksikan Kapolsek, Camat dan Danramil setempat.

Dalam ikrar damai, mereka juga menyebut bersama-sama menjaga persatuan, walau berbeda perguruan sejatinya kita adalah Satu Bangsa dan Satu Negara Indonesia.

Selain itu mereka bersama berikrar, Senantiasa menjalin komunikasi dan silaturrahim dengan baik antar perguruan.

Ikrar lainnya kedua perguruan silat ini juga mempercayakan (persoalan hukum) sepenuhnya kepada aparat penegak hukum.

“Mudah-mudahan kejadian ini tidak terulang,”ungkapnya.

Sementara itu, Sekretaris PCNU Banyuwangi, Syaifudin Zuhri menunjuk LBH Ansor untuk mendampingi beberapa Anggota Pagar Nusa.

Baca juga:  Ulah Orang Gila Sebabkan Kebakaran Kios Bensin dan Motor Thunder, 1 Mobil Inova Rusak

Ini bagian respon atas proses hukum anggota anggota Pagar Nusa yang terlibat kasus bentrok perguruan silat yang kini dikabarkan masih ditahan di Polresta Banyuwangi.

Upaya pendampingan itu, disampaikan melalui Pernyataan langsung Syaifudin Zuhri (Gus Udin) di Kantor PC NU Banyuwangi pada, 15 Maret 2022.

“Untuk semua proses hukum yang melibatkan Pagar Nusa Banyuwangi akan didampingi sepenuhnya oleh LBH PC Ansor Banyuwangi,”ujarnya.(*ko/fen/kin).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.