Alief Kartiono: Jaket Pelampung Sangat Penting Untuk Keselamatan Para Nelayan

FaktaNews.-(Banyuwangi)– Kepala dinas Perikanan mengingatkan para nelayan di Kabupaten Banyuwangi mengatakan agar para nelayan tidak mengabaikan jaket pelampung (life jacket)

Life jacket sangat penting bagi nelayan sebagai antisipasi ketika terjadi kecelakaan ketika para nelayan aktivitas mengais Rezeki dilaut.

Kepala dinas perikanan Banyuwangi Alief Kartiono mengatakan, dengan memakak life jacket saat melaut sehingga ketika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan maka nelayan masih dimungkinkan masih bisa selamat.

Menurut Alief, menggunakan life jacket jauh lebih menjamin keselamatan nelayan ketika terjadi kecelakaan di laut jika dibandingkan dengan benda lain yang bisa dijadikan alat bantu mengapung di air ketika misalnya kapal tenggelam atau terbalik.

“Dengan jaket pelampung, nelayan bisa bertahan lama mengambang di air, dibandingkan benda lain yang diyakini bisa mengapung di air,”kata Alief saat memberi bantuan sejumlah jaket pelampung Life Jacket kepada nelayan di TPI Satelit Muncar, (13/7/22).

Lebih jauh, dalam kesempatan kegiatan Pengembangan Kapasitas Nelayan Kecil Alief menyadari di daerah masih banyak nelayan menggunakan peralatan yang sederhana dalam menangkap ikan.

Hal ini juga bila dicermati masih rendah kesadaran nelayan tentang keselamatan kerja para ABK pada pelayaran dalam kegiatan bekerja mencari ikan ditengah lautan.

“Kita bantu Alat keselamatan kerja yang  kepada para ABK berupah Life Jacket sebanyak 35 buah untuk nelayan kapal diatas 5 GT,”terang Alief.

Baca juga:  Hearing Komisi I DPRD Banyuwangi Hasilkan Titik Temu Soal Pengelolaan Gunung Ranti 170 Hektar

Dalam acara yang dihadiri Camat Muncar, Kepala Bidang Perikanan Tangkap dan Ketua Koprasi Unit Desa(KUD) Nelayan Mino Blambangan itu dia berharap, para nelayan mulai dari para ABK pada pelayaran dalam kegiatan bekerja mencari ikan ditengah lautan mulai menyadari sangatlah penting mengutamakan keselamatan.

“Dengan sosialisasi dan pembagian alat keselamatan kerja sebanyak 35 buah kepada nelayan ini, kita ingin bisa bermanfaat dan membangun kesadaran bagi para ABK dan pemilik kapal perikanan, kita bantu “katanya.(sum/kin).

Penulis: SumardiEditor: Makin SH

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.