Akhirnya Pemakaman Kedinasan Brigadir J di Peroleh Pada Detik-detik Akhir 

FaktaNews.– Pengacara keluarga Brigadir Nofriansyah Yoshua Hutabarat (Brigadir J), Johnson Panjaitan SH mengatakan, menyampaikan ucapan terima kasih dan dukungan semua rakyat Indonesia, Presiden Republik Indonesia Joko Widodo, Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa, serta Menko Polhukam RI Mahfud Md.

Johnson mengatakan, keputusan untuk memakamkan Brigadir J secara kedinasan disampaikan di menit terakhir setelah otopsi ulang yang diawali dengan penggalian ulang makam jenazah (ekshumasi).

Ekshumasi merupakan penggalian kembali jenazah yang dikuburkan.

Dalam dunia forensik, biasanya kegiatan ekshumasi dilakukan untuk identifikasi jenazah hingga memastikan penyebab kematian yang sebelumnya diragukan.

Ekshumasi biasanya digunakan untuk investigasi sebuah tindakan kriminal, seperti dugaan pembunuhan yang baru muncul setelah jenazah dimakamkan.

Diketahui, sebelumnya pihak Kepolisian akhirnya menggelar upacara pemakaman secara kedinasan.

Upacara pemakaman kedinasan berlangsung setelah pelaksanaan otopsi ulang di RSUD Sungai Bahar selesai pada hari ini, Rabu (27/7/22) pukul 15.00 WIB.

“Kita makamkan secara kedinasan karena adanya perintah dari Mabes Polri. Kami sifatnya hanya perwakilan di daerah saja,” kata Kapolres Muaro Jambi, AKBP Yuyan Priatmaja melalui sambungan telepon, Rabu (27/7/2022).

Yuyan mengatakan Brigadir J ini satuan kerjanya berada di Mabes Polri, sehingga pemakaman secara kedinasan harus berdasarkan permintaan dari Mabes Polri.

Terkait pemakaman pertama sebelumnya Brigadir J (Senin (11/7/2022) yang tidak ada upacara kedinasan setelah Brigadir J tewas di rumah Kadiv Propam nonaktif Polri, Irjen Ferdy Sambo pada 8 Juli 2022 lalu, saat itu menurut Yuyan karena tidak adanya perintah dari Mabes Polri.

Baca juga:  Luhut Harapkan Tahun 2023 WSL di G-Land Plengkung, Atlet Selancar Australia dan Prancis Juara 2022

“Kali ini ada perintah dari Mabes Polri. Maka kami di daerah ikut harus melaksanakan,” kata Yuyan.(*non/kin)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.