Ada 3 Komoditas Proritas Pertanian, Kendala Pupuk dan Pesokan Air Masih Dirasakan

Fakta News.-(Medan)– Dalam meningkatkan produksi pangan strategis dalam mengendalikan inflasi tidak hanya Tugas utama Pemerintah namun perlu peran serta Masyarakat khususnya kelompok Tani, dengan bersama-sama saling melengkapi, tidak saling menyalahkan, namun sama-sama mencari solusi atas persoalan yang kerap dihadapi para Petani pada umumnya.

Menurut Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Sumatera Utara Ir.Lucyantini MM, Sumatera Utara memiliki 3 komuditas proritas yang hingga kini masih swasembada yakni beras, jagung dan cabe merah, Ketiga komuditas ini memang prioritas utama dalam peningkatan produksi.

“Karena memang komoditas-komoditas ini yang selalu berdampak pada inflasi,” katanya pada awak media Kamis.(22/12/22)

Menurut Lucyantini, meski ketiga komoditas ini mengalami swasembada, namun pihaknya terus memberikan dorongan bagi para petani komoditas lain, untuk terus berupaya meningkatkan produksi, yakni dengan cara memberikan penyuluhan ketiap-tiap daerah Kawasan pertanian.

“Serta memastikan penyaluran pupuk bersubsidi tepat sasaran, meski selalu adanya tantangan yang tidak bisa terhindarkan, yakni alih fungsi lahan, yang mencapai 10 ribu hektar pertahun,”terangnya.

Baca juga:  Raperda Inisiatif Dewan, DPRD Banyuwangi Juga Membahas Peningkatan Ekonomi Nelayan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *