9 Etika Makan Dari Berbagai Negara yang Mungkin Akan Kamu Anggap Aneh

  • Bagikan
9 Etika Makan Dari Berbagai Negara yang Mungkin Akan Kamu Anggap Aneh
CANVA

Faktanews.co.id | Cara duduk di kursi, atau etika makan dan minum bisa menunjukkan banyak hal tentang seseorang. Namun, etika makan yang mungkin kita anggap biasa di Indonesia, bisa saja justru merupakan hal yang tabu atau justru aneh untuk negara lain.

Berikut ini adalah sembilan etika makan aneh dari seluruh dunia.

  1. Menghabiskan makanan yang disediakan

Sewaktu kecil, mungkin kamu pernah dimarahi orang tua jika tidak menghabiskan makanan, sembari memberitahumu bahwa banyak orang yang tidak cukup beruntung untuk dapat makan.

Namun, etika makan tersebut tidak akan dihargai di Cina. Itu merupakan penghinaan bagi mereka. Orang-orang di sana mempercayai bahwa menghabiskan makanan berarti kamu masih lapar dan tuan rumah tidak menawarkan cukup makanan.

Berbeda dengan India atau Jepang yang akan menganggapnya sebagai rasa tidak hormat terhadap makanan maupun tuan rumah dan dianggap boros.

2. Menempelkan sumpit dengan tegak di atas nasi

Ketika di Jepang, pastikan untuk menjaga sumpit agar tetap sejajar dengan tepi meja di depanmu. Yang tidak boleh adalah menempelkan sumpit di mangkuk nasi.

Karena selama pemakana di Jepang, mangkuk nasi orang yang telah meninggal disimpan, dan sumpit mereka diletakkan tegak di mangkuk nasi.

3. Mendentingkan gelas

Ketika bersulang, kamu mungkin akan mendentingkan gelasmu dengan gelas temanmu. Namun, di Hongaria, jangancoba-coba melakukannya. Hal tersebut tidak hanya dianggap kasar, kamu bahkan dapat dimarahi jika ada orang yang lebih tua yang melihatmu melakukannya.

Baca juga:  Simak Alasan Suami Menjual Istri dan Ikut Menikmati

Alasannya, larangan itu terkait dengan tindakan bermuatan politik. Dimana pada tahun 1848 ketika pemerintah Austria menekan pemberontakan Hongaria, terdapat perayaan publik oleh para pemimpin Austria di mana mereka mendentingkan gelas. Dan tindakan itu mengingatkan orang-orang Hongaria mengenai insiden tersebut.

4. Menolak minuman

Di Rusia, ketika seseorang menawarkanmu minuman, itu menandakan persahabatan dan kepercayaan. Jika kamu menolak, itu dianggap sebagai permusuhan. Orang-orang bisa saja tersinggung dan kemudian melemparkan gelasmu ke tempat cuci gelas di bar.

Vodka juga tidak boleh diminum dengan es, menambahkan es dianggap menyalahi kemurnian minuman. Namun ketika bir dicampur dengan vodka, dianggap tidak apa-apa karena akan menciptakan campuran yang disebut sebagai “yorsh” oleh Rusia.

5. Gunakan garpu dengan benar

Etika makan di Thailand bisa dibilang sedikit rumit. Dimana kamu diharuskan memegang garpu di tangan kiri dan sendok di kanan, namun garpu tersebut tidak digunakan untuk makan. Garpu tidak diperbolehkan masuk ke mulutmu.

Garpu hanya untuk memindahkan makanan dari piringmu ke sendok atau memotong makanan yang lebih besar menjadi lebih kecil.

6. Membalikkan ikan

Di Cina, khususnya Cina selatan dan Hong Kong, kamu tidak diperbolehkan membalik ikan yang telah habis di satu sisi. Membalikkan ikan berarti nasib buruk atau dao yue. Mereka yang begitu percaya terhadap takhayul tersebut bahkan tidak akan makan bagian bawah ikan.

Baca juga:  Cara Ampuh Anti Diabetes untuk Orang Gemuk

7. Etika kopi yang rumit

Dalam budaya Badui di Yordania, kopi dianggap begitu penting. Dan minuman tersebut hadir dengan beberapa aturan yang harus diikuti.

Pertama, tamu dipisahkan berdasarkan jenis kelamin, mereka diminta menonton dan menunggu sembari tuan rumah membuat kopi serta mencobanya untuk memastikan itu layak disajikan.

Selanjutnya, setiap tamu akan ditawari kopi dalam cangkir kecil. Cangkir yang telah habis akan diisi ulang. Kopi disajikan dari kanan ke kiri, dan maksimal kamu hanya dapat minum tiga cangkir.

8. Menerima makanan dengan kedua tangan

Orang Korea begitu menghormati orang tua mereka. Ketika ada orang tua yang menawarkan minuman, orang korea akan mengangkat gelas dan menerimanya dengan kedua tangan.

Sebelum makan, orang Korea juga akan menunggu hingga orang tertua dalam kelompok mulai makan. Kamu bahkan diharuskan menjaga kecepatan makan dengan mereka.

9. Pergunakan sendok dengan hati-hati

Di Amerika dan Inggris, ketika mengaduk minuman dengan sendok, jangan sampai menyentuh sisi cangkir. Itu bukanlah sesuatu yang akan dihargai di sana. Dan setelah selesai mengaduk, kamu tidak boleh meninggalkan sendok di dalam cangkir. Kamu harus meletakannya kembali di cawan dengan arah yang sama dengan pegangan cangkirmu.

Itulah beberapa etika makan dan minum yang barangkali akan kita anggap begitu aneh. Namun penting untuk mengetahui beberapa etika dari negara lain, terutama untuk kamu yang sering bepergian ke luar negeri.[FN004]

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *