4 Buah Asli Indonesia Ini Tidak Begitu Populer, Padahal Memiliki Banyak Khasiat

  • Bagikan
4 Buah Asli Indonesia Ini Tidak Begitu Populer, Padahal Memiliki Banyak Khasiat
Sumber CANVA

Faktanews.co.id – Indonesia dikenal sebagai negara kepulauan yang terdiri dari gugusan pulau-pulau dengan tanah yang begitu subur. Tidak heran jika kemudian Indonesia memiliki flora yang sangat beragam.

Namun, seberapa sering kita menemukan buah-buahan seperti rambusa atau matoa di supermarket? Atau barangkali ada yang baru mendengar nama buah tersebut? Dua contoh buah yang sangat jarang kita temui, atau bahkan tidak pernah kita temui di supermarket tersebut nyatanya memiliki banyak manfaat.

Selain kedua buah tersebut, apa saja sih buah-buahan yang kurang populer tersebut? Berikut beberapa buah-buahan yang kurang populer tapi sebenarnya memiliki beragam khasiat.

Rambusa

Buah ini sering dikatakan sebagai makanan ular. Rambusa sendiri memiliki rasa yang benar-benar unik. Mengapa begitu? Lantaran buah ini memiliki rasa manis yang bercampur asam.

Sekilas, rambusa memang terlihat agak aneh. Bentuknya mirip labu mini namun dengan ukuran yang hanya sebesar kelereng. Jika diperhatikan, buah ini terlihat seperti sedang terlilit semacam sulur yang memiliki bulu-bulu berwarna hijau.

Buah berukuran kecil ini mengandung vitami C, juga memiliki zat besi dan kalsium. Kesemuanya merupakan zat yang dibutuhkan tubuh dan memiliki fungsi untuk menjaga kesehatan.

Rambusa hidup menjalar, dan sebagai tanaman liar, ia biasanya ditemukan sela di sawah, ladang atau padang belantara.

Keledang 

Baru pertama mendengar nama buah ini? Tidak apa. Pasalnya, buah yang satu ini biasanya tumbuh di Kalimantan.

Baca juga:  Perpanjangan PPKM Darurat (Level 4) Pengaturan Teknisnya Diserahkan Kepada Pemda

Jika kamu belum pernah mencoba buah ini, rasanya seperti memakan manggis dan nangka secara bersamaan. Ya, seperti buah perpaduan antara manggis dan nangka. Sekilas memang terlihat jika buah ini mirip dengan nangka, letak pembedanya, daging buah ini berwarna oranye cerah.

Matoa

Belakangan ini, buah matoa mulai dikenal masyarakat. Buah yang berasal dari Papua ini harusnya bisa lebih dikenal lagi andai masyarakat mencicipinya. Rasa daging buahnya yang memiliki warna putih ini begitu menyegarkan.

Buah ini memiliki bentuk yang mungil dan dibalut kulit buah yang bertekstur cukup keras. Rasanya seperti memakan kelengkeng, apel dan rambutan secara bersamaan. Jika belum matang, buah ini terlihat berwarna hijau. Kemudian mulai memerah menjelang siap konsumsi. Namun jika coklat atau hitam, berarti mulai busuk.

Pohon matoa tinggi besar dan menjulang. Karena buah ini beegitu manis, kemungkinan akan dijumpai kawanan semut pada pohon ini.

Gambir

Gambir sejatinya adalah buah dan merupakan buah yang kaya akan khasiat. Dahulu, gambir dulu sangat mudah dijumpai, khususnya di wilayah Sumatera.

Khasiat dari buah ini yakni mampu membantu menjaga kesehatan gigi, mencegah penuaan dini, mengobati diare, serta memperkuat sistem imun bagi tubuh.

Itulah beberapa buah nusantara dengan khasiat yang baik bagi tubuh. Walau jarang diketahui, bukan berarti buah-buah tersebut minim khasiat.[FN002]

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *