3 Jenis Kopi Indonesia ini Juga Telah Mendunia

  • Bagikan
9 Etika Makan Dari Berbagai Negara yang Mungkin Akan Kamu Anggap Aneh
CANVA

Faktanews.co.id | Kopi dewasa ini telah menjadi sebuah tren tersendiri bagi kalangan anak muda. Di banyak tempat ngopi di Indonesia, banyak ditemukan kedai kopi yang, baik skala kecil hingga besar, terdapat kopi dengan beragam jenis dan varian.

Kabar baiknya, dari beragam jenis kopi yang ada tersebut, tidak jarang kopi-kopi tersebut mendapatkan pasar hingga ke luar negeri. Dan berikut merupkan kopi nusantara yang telah dikenal dunia.

Kopi Gayo

Sama seperti namanya, Gayo. Kopi Gayo diambil dari sebuah lokasi sebuah pegunungan di Aceh Tengah, yakni dataran tinggi Gayo. Dataran tinggi Gayo sudah sejak lama menjadi tempat penanaman kopi, dan berada di lokasi yang cukup strategis, di Indonesia paling barat.

Kopi Gayo memiliki rasa yang sangat kuat dengan nuansa pahitnya, bahkan bisa dikatakan sebagai Kopi paling pahit. Rasanya yang pahit tersebut justru membuat kopi ini paling dicari. Karena rasanya juga, membuat Kopi Gayo mendapatkan sertifikat Fair Trade dari organisasi International tahun 2010 lalu.

Tidak cukup dengan Fair Trade saja, Kopi Gayo juga dinominasikan sebagai Kopi terbaik di dunia pada sebuah pameran Kopi oleh Spesialt Coffee Association of America. Kopi ini juga menjadi salah satu kopi favorit di negara-negara Eropa dan Amerika.

Banyak yang mengatakan, rasa kopi ini hampir mirip seperti cokelat, ada juga yang mengatakan seperti bau tanah saat terkena air hujan. Meskipun kopi ini disajikan dengan beragam cara, rasa asli dari kopi ini tetap akan terasa.

Baca juga:  Home Industri Tas Pasar Ditengah Pandemi Covid - 19 Malah Banjir Orderan Via Online

Kopi Toraja

Keistimewaan Kopi Toraja adalah tak meninggalkan rasa asam saat diteguk. Hal tersebut lantaran, kopi ini memiliki tingkat keasaman yang rendah. Dan dianggap juga sebagai kopi paling alami yang berasal dari tanah subur Sulawesi Selatan.

Selain banyak disukai orang Indonesia, nyatanya, kopi ini juga banyak diminati dan bahkan terkenal bagi orang Amerika dan Jepang. Kedua negara tersebut juga menjadikan kopi ini menjadi salah satu kopi favorit mereka. Dengan cita-rasanya yang khas yang tidak terlalu pahit tersebut, membuat banyak penikmat kopi tak perlu lagi menambahkam gula di dalamnya.

Kopi Luwak

Kopi Luwak dikenal sebagai kopi yang mahal. Kopi ini terkenal tidak hanya di Indonesia melainkan dunia. Jika dibandingkan dengan kopi lainnya, Kopi Luwak memiliki keunikan tersendiri dalam proses pembuatannya.

Pembuatan Kopi ini dilakukan dengan cara yang bisa dikatakan tidak lumrah. Pembuatannya dengan memasukan niki Kopi ke dalam tubuh binatang Luwak dengan cara fermentasi.

Alhasil, Kopi ini memiliki rasa yang khas. Banyak wisatawan asing yang penasaran datang lalu memutuskan ke Indonesia hanya untuk mencicipi Kopi ini.

Kopi Luwak pernah juga tercatat dalam Guinness Book of Record sebagai Kopi termahal di dunia. Sebabnya, karena aroma harumnya yang khas, dan banyak juga dijumpai di kedai- kedai kopi di Amerika.[FN010]

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *