HPN 2021 : Forum Wartawan MAHKOTA Berbagi Bansos Untuk Warga Terdampak Pandemi

Faktanews.co.id.-(Banyuwangi)– Ditengah kesibukan sebagai wartawan, sejumlah pengurus dan Anggota Forum Komunikasi Wartawan Majalah Koran Online dan Tabloid (MAHKOTA) Banyuwangi memperingati Hari Pers Nasional (HPN) membagikan ratusan paket sembako kepada masyarakat terdampak Covid-19, Rabu, (17/2/21).

Ini bagian dari Kegiatan Perkumpulan Komunitas Wartawan tertua (berdiri sejak 2005) Di Banyuwangi itu dalam memperingati Hari Pers Nasional (HPN) Tahun 2021.

Ketua FKW MAHKOTA Banyuwangi Dudy Sucahyo S. H menjelaskan, kegiatan ini merupakan bentuk peran media sebagai akselerator perubahan di tengah Pandemi Covid-19.

“Sesuai dengan tema HPN Tahun 2021, “Bangkit dari Pandemi, Pers Sebagai Akselerator Perubahan”Kata dudy.

Peran sebagai pers akselerator perubahan bisa saja dilakukan dengan bentuk kepedulian.

“Tidak hanya dalam bentuk tulisan, tetapi pemantauan dan membantu langsung kepada masyarakat melalui baksos,” kata Dudy.

Sementara itu, Pembina FKW MAHKOTA Hayatul Makin SH, menyampaikan FKW MAHKOTA sebagai organisasi pers lokal yang berdiri sejak 16 tahun lalu harus menjadi garda terdepan dalam ikut menangkal berita hoaks.

“Mahkota juga harus menginsipirasi Profesinya melalui karya jurnalis, ditengah banjirnya informasi ditengah publik yang terkadang tidak bisa dipertanggung jawabkan demi tujuan tertentu,”katanya.

Menurut Wartawan Senior yang biasa dipanggil Kang Makin ini, insan pers dituntut untuk menyajikan informasi secara akurat dalam setiap produk jurnalistik berdasarkan fakta.

“Kita menjadi salah satu pihak terdepan dalam menangkal hoaks. kita juga harus bisa menjadi pembeda antara Informasi dengan berita, Untuk itu insan pers dituntut profesionalisme dari narasumber yang berkompeten karena sisi lain terkait produk berita,”kata Makin.

Dalam agenda Forum Wartawan Mahkota tersebut, salah satu penerima bantuan sosial, Alfiah (82) mengucapkan terima kasih atas kepedulian yang diberikan.

Rasa terima kasih Warga RT 1.RW 5 Kelurahan Kertosari ini merupakan satu dari 100 warga yang menerima bingkisan sembako.

“Kesuwun (terima kasih) bapak-bapak ssmoga diberi rezeki dan kesehatan,” kata Warga Boyolangu kecamatan Giri. Juhani 75 tahun.

Selain mengantar langsung kerumah kaum duafa disekitar Kecamatan Banyuwangi, Giri dan Kabat, Pengurus dan anggota Forum wartawan menyusuri jalan menyerahkan Bansos kepada kaum duafa yang ditemui dijalan.(*bu/ris).

Komentar

comments

Tagged with