Wartawan Lintas Media Sambut Hari Pers Nasional Di Lapas

Wartawan Lintas Media Sambut Hari Pers Nasional Di Lapas

Faktanews.co.id.-(Banyuwangi)- Puluhan Wartawan media cetak, Visual maupun Online berkumpul dengan menamakan diri Lintas Media menyambut Hari Pers Nasional Ke 72 Di Lapas Banyuwangi, (10/2/2018).

Acara ini digagas bersama puluhan awak media seperti Harian Pagi Memo Timur, maupun media online memotimurnews.com, suarajatimpost.com, faktanews.co.id, kabarrakyat.com, kabarpas.com, beritalima.com, suaratimur.com, Bidiknasional.com. kumparan.com, Banyuwangi.com.

Dari media Visual diantaranya Banyuwangi TV, TVRI, MMC Group.

Sementara itu dari media cetak berpartisipasi Tabloid Suara Timur, Majalah Potensi, Koran Dor.

Selain puluhan wartawan, nampak Dudy Sucahyo Ketua Forum Wartawan Majalah-Koran-Online- Tabloid (Mahkota) bersama pembinanya Hayatul Makin bersama pengurus lainnya ikut hadir.

Setelah itu, Ketua PWI Banyuwangi Syaifudin Mahmud bersama pengurus lain juga hadir.

Kalapas Banyuwangi Ketut Akbar Herry Achjar, Anggota DPRD Jatim Komisi 1 KH Fauzan, duduk didepan bersama Erwin Yudianto, Hayatul Makin, Yulistiyo Rahayu mantan wartawan yang kini politisi.

“wartawan bukan musuh yang harus ditakuti namun sebaliknya wartawan merupakan mitra kerja baik dalam publikasi program maupun pengawasan,”kata Kalapas.

Oleh karenanya, teman wartawan sebagai profesi diharapkan bisa menjadi koreksi lembaganya dengan proposional.

“Jika ada yang negatif, silahkan tulis tidak apa apa tapi dengan bahasa yang baik,”katanya.

Lebih jauh dijelaskan, didalam Lapas Klas II B Banyuwangi saat ini pihaknya mengayomi 852 orang warga binaan.

Sekitar 500 lebih diantaranya terjerat pasal-pasal kasus narkoba.

Namun demikian kata Akbar, Warga binaan sudah berkomitmen memerangi narkoba baik saat masih dilapas maupun di lingkungan ketika mereka sudah kembali ditengah masyarakat.

“kita berkomitmen ingin bersih narkoba dan teman-teman wartawan bisa bantu pengawasannya lewat publikasi, selamat Hari Pers Nasional kawan-kawan pers,” katanya disambut tepuk tangan warga binaan dan wartawan yang hadir.

Dalam kesempatan itu Akbar menjelaskan, untuk aktivitas menuju positif warga binaan, didalam Lapas terbentuk beberapa kelompok seni, grup Angklung Jeruji, Raggae Jeruji, Akuistik Jeruji, Band Kapok dan Kerohanian.

“Ada juga warga binaan kreatif membuat kerajinan, itu ada ratusan hasil kerajinan yang siap dijual,”jelasnya.

Sementara itu Perwakilan wartawan Erwin Yudianto mengatakan, wartawan menulis berita bermaksud mempubliksikan karena memang itu profesinya.

“Saat wartawan menulis berita tidak ada niat jelek karena hal itu memang profesi, yang kita harapkan perubahan menuju kebaikan,”katanya.(ver/tim).

Komentar

comments