Wartawan Deklarasi Tolak Radikalisme Dan Kawal Pendidikan Politik Cerdas

Wartawan Deklarasi Tolak Radikalisme Dan Kawal Pendidikan Politik Cerdas

Faktanews.co.id.-(Banyuwangi)- Sejumlah wartawan dan sejumlah organisasi Pers Banyuwangi menandatangani Deklarasi Jurnalisme Damai dan tolak Aksi Radikalisme dan Radikalisme, digelar Badan Kesatuan Kebangsaan dan Politik (Bakesbangpol) Kabupaten Banyuwangi,(25/5/2018).

Ini melanjutkan agenda sarasehan yang dikuti hampir 150 wartawan media cetak, elektronik dan online dari berbagai organisasi pers Banyuwangi, PWI, Forum Wartawan Mahkota, IJTI, MPN dengan tema ‘Penulisan Berita Pemilu Damai Dan Pemberitaan Terorisme’ digelar di Hotel Ikhtiar Surya, Kamis (24/5/18).

“Wartawan harus pintar dan bisa mendorong partai politik untuk mengajarkan cara pendidikan politik yang sehat dalam berkompetisi, baik dalam pemilu gubernur, legislatif dan pemilu presiden mendatang,” kata Kepala Bakesbangpol Banyuwangi, Drs Wiyono MH.

Wiyono menegaskan, wartawan harus pandai-pandai memilah dan bisa memberi pesan moral yang baik berkaitan dengan isu terorisme yang sempat menggemparkan Jawa Timur.

“berita terorisme, wartawan juga harus pintar-pintar memilah berita serta menghindari isu Sara,” katanya.

Sementara itu didalam ranah politik, wartawan juga diharapkan bisa menjadi pengawal partai politik berkompetisi dengan mengedepankan mutu program kemasyarakatan.

“Kalau perlu wartawan bisa mendorong partai politik kearah kompetisi yang sehat dan mencerdaskan pendidikan politik masyarakat. Pilihan boleh berbeda, namun Pilkada tetap damai,”paparnya. (kin).

Komentar

comments

Tagged with