Daya Tarik Gunung Ijen, Kawah blue fire dan danau Terasam di Dunia

Blue Fire Kawah Ijen

Faktanews.co.id Banyuwangi. – Kawah Ijen terletak di puncak Gunung Ijen yang berupa kawah danau yang memiliki pemandangan menakjubkan. Lokasi kawah ijen merupakan perbatasan antara dua kabupaten yaitu Banyuwangi dan Bondowoso.

Lebih tepatnya di Kecamatan Licin, Kabupaten Banyuwangi dan Kecamatan Klobang, Kabupaten Bondowoso, Propinsi Jawa Timur, Kawah Ijen terletak di ketinggian 2.368 meter di atas permukaan laut dan memiliki tingkat keasaman yang sangat tinggi yaitu mendekati nol.

Selain memiliki tingkat keasaman yang sangat tinggi suhu kawah ini mampu mencapai 200 derajat celcius. Sebaliknya waktu malam hari suhu dingin kawasan hingga  2 derajat celcius.

Pesona kawah ijen pada indahnya kawah dan asap belerang dan ini petunjuk gunung yang Terletak 2.443 m ketinggian dari atas permukaan laut ini masih aktif.

Pernah 4 kali meletus di tahun 1796, 1817, 1913 dan 1936.adalah salah satu gunung yang hingga saat ini aktif. letusan gunung Kawah Ijen meninggalkan kawah sangat indah terkumpul menjadi bentuk danau dan menakjubkan.

Warna kawah kebiruan membuat keindahan luar biasa apalagi bila kawah tersebut saat disinari matahari pagi. Warna Blue Fire ini merupakan daya tarik wisatawan untuk datang ke Kawah Gunung Ijen.

Belum lagi kita bisa melihat langsung puluhan penambang belerang tradisional memecah batuan belerang dipinggir kawah yang dipenuhi oleh gas beracun berbahaya, kemudian naik lereng kawah dengan membawa keranjang yang bisa memuat sampai 70 -80 kilogram belerang kemudian menyusuri jalan curam Blue Fire Kawah ijen yang berada di ketinggian 2.386m dpl.

Kawah ijen merupakan kawah danau terbesar dipulau jawa. Bahkan Kawah Ijen merupakan pusat danau kawah terbesar di dunia, yang bisa memproduksi 36 juta meter kubik belerang dan hidrogen klorida.

Dengan luas sekitar 5.466 hektar. Jika dilihat kawah ini berbentuk ellips dengan ukuran kurang lebih 960 x 600 m dengan ketinggian permukaan air danau kurang lebih 2140 m dpl dengan kedalaman danau kurang lebih 200 m serta merupakan danau terasam didunia dengan ph 0,5. (gust)

Komentar

comments

Tagged with