Wakapolri Budi Gunawan Akan Duduki Kepala BIN Gantikan Sutiyoso

SutiyosoFaktanews.co.id.- Usai Reshufle Kabinet Jilid II bukan berarti tak ada utak atik berujung pergantian dalam jajaran pemerintah Jokowi-JK.

“Kalau BIN tunggu sajalah perkembangannya, dalam waktu tidak terlalu lama. Saya tidak bisa mengonfirmasi sebelum adanya langkah-langkah yang lebih konkret,” kata Wakil Presiden RI. JK di Kantornya, Jakarta, Jumat (12/8).

Informasi yang berkembang sebagai pengganti Sutiyoso, nama Wakapolri Komjen Budi Gunawan mengemuka  menduduki Kepala Badan Intelijen Negara (BIN), ini bagian dari penghargaan pemerintah Jokowi- JK yang tidak merekomendasikan jadi Kapolri.

Bahkan kabar tersebut semamin kuat ketika jadwal  uji kelayakan dan kepatutan atau fit and proper test Budi di Gedung DPR sudah diinformasikan pada 18-19 Agustus 2016.

Isu yang berkembang terkait pergantian Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Letjen (Purn) TNI Sutiyoso akan dilakukan dalam waktu dekat, senada isyarat yang ditunjukkan Ketua DPR, Ade Komarudin yang siap memproses pergantian kepala BIN jika diajukan Presiden Joko Widodo.

Jika benar – benar ada pengajuan dari Presiden pihaknya akan membahas pada rapat pimpinan, serta rapat pimpinan fraksi pengganti Badan Musyawarah.

“DPR siap banget. (Surat pergantian) masuk tanggal 15 Agustus, misalnya. Atau 16 Agustus saat pembukaan sidang atau 17 Agustus, 18 Agustus, kami langsung rapat pimpinan,” kata Ade di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta (12/8). (hay).

Komentar

comments

Tagged with