Umur Tak Jadi Kendala, Anak Belum Lulus SD, Lolos Tes Perguruan Tinggi

Usia 12 Tahun Huang Diterima Kuliah

Usia 12 Tahun Huang Diterima Kuliah

Faktanews.co.id.- Kalau di negara kita Indonesia usia yang masih muda terkadang menjadi kendala kemampuan luar biasa anak untuk sekolah yang lebih level tinggi sesuai kemampuannya.

Di Sidoarjo Jawa Timur misalnya, kemampuan luar biasa anak bernama FATO yang dilarang ikut ujian SD karena usia masih 8 tahun namun Fato akhirnya diperolehkan ikut ujian setelah DPRD jatim turun tangan. (baca faktanews.co,id 26/4/2016)

Meski soal kemampuan dan prestasi tak kalah, adakalanya dalam penerimaan siswa SD. tertentu di Banyuwangi juga mempersulit calon Siswa Baru yang masih belum berusia 7 tahun dengan cara nilai poin lebih tinggi diberikan kepada calon siswa yang sudah memasuki usia 7 tahun. ujung-ujungnya bisa ditebak koordinasi dibelakang layar menjadi penentunya.

Lain lagi yang terjadi diluar negeri, soal faktor umur bukan kendala berarti yang terpenting kemampuan setingkat dengan level sekolah tujuan.

Seperti yang dilansir oleh salah satu media (20/6) bersumber media online China,  Huang Sihan, gadis berusia 12 tahun begitu istimewa sehingga walaupun masih duduk di bangku kelas 5 SD tapi sudah diterima kuliah di sebuah perguruan tinggi.

Empat tahun lalu, Huang mulai mempelajari Hui Opera. dengan bakat yang luar biasa di bidang ini. Huang kemudian dia mengikut tes masuk mandiri untuk kuliah di Anhui Professional College of Art. Gurunya tak henti menyemangati dan mendukung mengikuti tes tersebut.

Sekolah dasar tempat Huang belajar memang khusus mencetak para anak berbakat dalam keterampilan dan keahlian bidang budaya tradisional.

Diluar dugaan Huang berhasil diterima kuliah secara gratis untuk program lima tahun di jurusan pertunjukan opera. Hasil tesnya masuk dalam 10 besar tertinggi. Ia pun jadi bintang dan terkenal di sekolahnya. Dan Huang akan jadi salah satu lulusan pertama yang akan kuliah di program yang ditawarkan oleh Anhui Professional College of Art. (Shang/vem/ham)

Komentar

comments