TWA Kawah Ijen Dibuka, Disparta Yakin Ijen Green Run 2018 Aman Resiko

TWA Kawah Ijen Dibuka, Disparta Yakin Ijen Green Run 2018 Aman Resiko

Faktanews.co.id.-(Banyuwangi)- Kepala Dinas Pariwisata Pariwisata (Kadispar) Banyuwangi M. Yanuar Bramuda menyambut gembira dibukanya kembali kawasan Wisata Alam Kawah Ijen Oleh Balai Konservasi Sumberdaya Alam (BKSDA) Wilayah V Jawa Timur sejak pukul 00.00 wib Hari Jum’at tanggal 6 April 2018.

“Tentu itu kabar baik karena bertepatan kita punya gawe Ijen Green Run 2018,”kata Bram, (6/4/2018).

Ijen Green Run merupakan olah raga berkonsep wisata yang diselenggarakan Minggu (8/4).

Event ramah untuk semua usia selain diikuti peserta lokal dan Nasional dari Surabaya, Kediri, Solo, Jakarta, Bandung, hingga Binjai (Sumut). Nusa Tenggara Barat (NTB).

Beberapa peserta dari luar negeri, seperti Austria, Inggris, Belgia, Jerman maupun Prancis.

Dalam even ini Rail Run (pelari) dewasa maupun anak-anak bisa adu sprint melintasi kaki gunung Ijen sambil menikmati pemandangan alam, gemercik air sungai yang jernih, perkebunan, persawahan dan perkampungan disekitar kaki Pegunungan Ijen.

Dalam even yang terbagi empat kelas (Long Run, Half Run, Family Run dan Exhibition) ini, di beberapa titik lokasi para pelari juga bisa menikmati buah-buahan segar, udara segar, hijau dedaunan, suara merdu burung.

“olah raga dan berwisata, Siapa saja bisa berlari di sini dengan gembira. Dewasa bahkan sampai anak-anak bisa turut serta berbagi spirit,” kata Bram.

Seperti diketahui, Kawasan Taman Wisata Alam Kawah Ijen yang sebelumnya ditutup, mulai hari Jum’at 6 April 2018 resmi kembali dibuka

Ini berdasarkan isi surat edaran dikeluarkan dan ditandatangani oleh Kepala Balai Besar, Dr. Nandang Purhadi. S. Hut, M. Sc. Nomor : SE. 05/K2/BIDTEK.1/KSA/4/2018. Tentang pembukaan Kawasan Taman Wisata Alam Kawah Ijen.

Sebelumnya, sejak tanggal 22 Maret 2018 (dini hari), telah terjadi aktifitas semburan asap dan gas belerang dengan konsentrasi tinggi di Kawasan Taman Wisata Alam Kawah Ijen, dalam memininalisir dampak negatif terhadap pengunjung wisata telah dilakukan penutupan kegiatan kunjungan wisata di Taman Wisata Alam Kawah Ijen mulai tanggal 23 Maret sampai 4 April 2018.

Surat terkait pembukaan Taman Wisata Kawah Ijen merupakan hasil rapat kordinasi perkembangan aktivitas Gunung Ijen – TWA Kawah Ijen yang dihadiri oleh para stakeholder dari Kabupaten Bondowoso dan Banyuwangi yang dilaksanakan pada tanggal 4 April 2018 di Banyuwangi.

Namun demikian Pembukaan Kawasan Taman Wisata Alam Kawah Ijen dengan pertimbangan – pertimbangan tertentu jam kunjung wisata maupun penambangan belerang terbatas, antara jam 04.00 sampai jam 12.00 WIB.

Dengan mengkaji surat tersebut menurut Bram, BKSDA memastikan rute lari Ijen Green Run aman. Sebab Radiusnya jauh dari kawah.

“tidak boleh mendekati kawah dengan maksimal radius 1 km,”tambah Bram menyitir isi kutipan surat BKSDA tersebut. (Kur/kin).

Komentar

comments

Tagged with