Tutup Kandang Ayam, Sekcam dan Kades Bomo dinyatakan Bersalah

Tutup Kandang Ayam, Sekcam dan Kades Bomo dinyatakan Bersalah

Faktanews.co.id.-(Banyuwangi)-Mantan Sekretaris Camat (Sekcam) Blimbingsari Bambang Sungkono (saat ini menjabat sebagai Sekcam Bangorejo) dan Suratman Kepala Desa Bomo Kecamatan Blimbingsari, divonis pidana 5 bulan penjara.

Namun untungnya keduanya tidak harus menghirup udara penjara karena majelis hakim dalam putusannya juga memberi masa percobaan 10 bulan.

Kedua terdakwa tidak perlu menjalani kurungan selama 5 bulan dengan ketentuan selama 10 bulan tidak melakukan tindak pidana sejenis maupun tindak pidana yang lain.

Kedua terdakwa oleh majelis hakim yang diketuai oleh ketua Pengadilan Negeri Banyuwangi Purnomo Amin Thahjo, SH., MH, didampingi oleh dua hakim anggota I Wayan suarta, SH., MH dan Saptono, SH., MH. dinyatakan bersalah melanggar hukum Pasal 406 KUHP terkait melampaui batas kewenangan terkait penutupan kandang ayam milik Melaningsih di Desa Bomo, Kecamatan Blimbingsari Kabupaten Banyuwangi tahun 2017 lalu.

“Inti putusan ini bila kedua terdakwa terbukti bersalah melawan hukum Pasal 406 sehingga divonis pidana 5 bulan, tetapi tidak perlu dilaksanakan (ditahan) karena dihukum percobaan selama 10 bulan,”terang ketua majelis hakim, Purnomo Amin Thahjo, SH., MH. (11/2).

Dengan putusan tersebut JPU dan kedua terdakwa melalui kuasa hukumnya Fahim SH berkesempatan melakukan banding jika merasa kurang puas.

Sementara itu, Jaksa Penuntut Umum (JPU) Supriyadi Ahmad SH, tampaknya akan mengajukan banding yang rencananya memori banding akan disampaikan pekan depan.

“Putusan itu merupakan kewenangan Majelis Hakim. Yang penting bagi kami, ada perbuatan melawan hukum, Majelis Hakim menyatakan itu terbukti, kami akan fikir-fikir dulu dan konsultasi dengan pimpinan untuk mengajukan banding,” katanya usai persidangan.(di/kin).

Komentar

comments

Tagged with