Tunggu Sidang, Tiga Tersangka Penipuan Umrah

Tunggu Sidang, Tiga Tersangka Penipuan Umrah

Faktanews.co.id.-Kejaksaan Negeri Depok menyatakan lengkap berkas perkara kasus penipuan ribuan jamaah umrah oleh PT First Anugerah Karya Wisata alias First Travel.
Kamis,(7/12).

Tiga Bos PT tersebut, Andhika Surachman, Anniesa Desvitasari Hasibuan dan Kiki Hasibuan dan barang bukti kejahatan
tiba di Kejari Depok seitar pukul 11.10 Wib dibawa menumpangi Toyota Innova hitam B 910 JAY.

Dengan penyerahan berkas perkara, alat bukti dan Tiga tersangka tersebut, publik tinggal menunggu proses persidangan dipengadilan Negeri Depok.

Sayang ketiganya bungkam ketika diminta pertanyaan oleh beberapa media yang sudah menunggu ketiganya di halaman Kejari Depok.

Ketiga tersangka masing-maaing suami istri Andhika dan Anniesa beserta adiknya (Kiki) berhasil menipu mentah-mentah sekitar 58.682 calon jemaah umrah itu, langsung masuk ke ruangan dengan pengawalan petugas.

“Nanti kalau sudah semuanya (lengkap) baru saya beri statemen,” kata Kepala Kejaksaan Negeri (Kejari) Kota Depok, Sufari.

Seperti diketahui, Kasus penipuan jemaah umrah ini sempat menjadi perhatian publik, Selebrity hingga para pejabat negara.

Hanya pada periode Dessember 2016 hingga Mei 2017 bisa manarik mengumpulkan dana puluhan ribu calon jemaah yang sebagian besar diantaranya tidak jelas keberangkatannya.

Dalam penyidikan polisi, total dana yang diraih PT First Travel dari calon jamaah umroh Rp 848.700.100.000.

Data yang temuan polisi, jumlah calon jemaah dalam kurun waktu tersebut berjumlah 72.682, namun baru 14.000 orang yang diberangkatkan ke Tanah Suci.

Modus awal persoalan, ketiga tersangka membuat promo perjalanan umroh dengan biaya murah meriah.

Calon jemaah pun sudah melunasi pembayaran. Nahas, mereka tak kunjung berangkat.
Malah, calon jemaah yang rata-rata berusia lanjut itu kembali dimintai sejumlah uang oleh First Travel dengan alasan jika ingin cepat mendapatkan tanggal keberangkatan.

Janji hanya janji. Calon jemaah kembali menggigit jari usai menyetorkan uang tambahan itu.

Nama penyanyi Syahrini, Vicky Shu hingga pemain film Ade Irawan dikaitkan pusaran promo menarik dalam kasus penipuan di Perusahaan yang dikendalikan tersangka suami istri
Andhika Surachman, Anniesa Desvitasari Hasibuan dan adiknya Kiki Hasibuan tersebut.(mec/hay).

Komentar

comments