Tunggu Renovasi Gedung Juang 45 Banyuwangi, Aroma Mistis Kian Terasa

Gedung JUANG 45 Banyuwangi

                                                           Gedung JUANG 45 Banyuwangi

Faktanews.co.id.(Banyuwangi)- Ditengah masa waktu menunggu janji segera merenovasi gedung juang 45 Banyuwangi, aroma mistis semakin terasa di salah satu gedung tua yang kini dijadikan stasiun radio di sudut kota Banyuwangi.

Gedung juang 45 yang berada di jalan Veteran no 1. Tersebut hingga saat ini nampak tak terawat dan kumuh.

Tidak sedikit warga yang mengetahui jika bangunan tua yang terletak tepat di gerbang timur pasar Banyuwangi, Kelurahan Kepatihan, itu merupakan gedung bersejarah.

Gedung peninggalan Pemerintah Belanda ini di zamannya digunakan sebagai gedung pesta dansa Sinyo (bangsawan China) dan Noni Belanda (wanita bangsawan Belanda).

Pada masa itu, Kemegahan di dalam bangunan menurut cerita penuh dengan kemewahan kini berganti dengan pemandangan tak sedap.

Hal ini mengundang aromah mistis, menyelimuti ruang demi ruang gedung juang. terkait saat ini sebagian gedung juang 45 tersebut digunakan untuk stasiun radio Bung Tomo, sesekali beberapa kru radio Bung Tomo FM tersebut. merasakan dimensi mistis.

seperti yang di alami yang sering kali i gaib menemani dalam proses siaranya. “ saya sering mas kadang masuk dalam ruang siaran gelitikin atau matikan mixser radio dan kalau sendiri kadang ada kayak nonik belanda,” kata Nizam

Di beberapa sudut ruang tercium bau pesing menyengat, atap bangunan di sepanjang ruangan juga terlihat banyak yang jebol dan tak terurus. Maklum saja jika gedung yang juga pernah menjadi markas pejuang saat merebut kemerdekaan ini rusak parah.

Sebab pemeliharaan Gedung Juang ’45 Banyuwangi ini terakhir dikerjakan saat era Bupati Joko Supaat Slamet. Meski begitu, para veteran dan penerusnya tetap bangga menjadikan gedung tua ini sebagai kantor veteran dan mempertahankannya sebagai salah satu cagar budaya.

“Sekitar tahun 80 an itu perbaikan akhir, jamannya Bupati Joko Supaat. Hingga kini blm ada pembenahan yang berarti. Yang paling rusak parah terlihat ya atap ini. Setiap musim hujan bukan cuman bocor tapi banjir. Padahal kantor masih aktif,” ujar Purn. Sersan Mayor Soewadi, Sekretaris LVRI (Legium Veteran Republik Indonesia) Banyuwangi kepada faktanews.co.id

Saat ini gedung juang 45 Banyuwangi yang kian rapuh menjadi perkumpulan para seniman yang menunjukan eksistensinya yang kerap di adakan lomba seni oleh pihak radio.

Sementara itu, salah satu pengurus gedung juang 45 Banyuwangi, Aguk Darsono mengatakan, janji Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas Msi yang berjanji di hari 17 Agustus tahun ini 2015 bertempat di pendopo sabha Swagata

“sekarang ini geliat seni dam wisata Banyuwangi alangkah baiknya bila ada perhatian pemerintah untuk segera memperbaiki, sekalian gedung juang ini bisa juga dijadikan pelengkap tujuan wisata,”katanya Aguk. (vi/makin)..

Komentar

comments