TKI Koma Di Taiwan, Dissoskertrans Serba Salah

Dodik Setyawan, Di RS Taiwan

Dodik Setiawan, Di RS. Taichung, Taiwan.(ist).

Faktanews.co.id.-(Banyuwangi)-“Hingga kini keluarga belum menghubungi kami, menurut kabar pihak PT akan mengurusi kepulangannya sendiri,” kata Kepala Bidang Penempatan Tenaga Kerja pada Dinas Sosial, Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dissoskertrans) Banyuwangi, Joko Sugeng Raharjo.

Hal ini dikatakan terkait salah satu Tenaga Kerja Indonesia asal Banyuwangi Dodik Setiawan yang mengalami koma di Taiwan namun Dissoskertrans belum mendapat koordinasi dari pihak keluarga maupun penyalur tenaga kerja dalam proses kepulangan yang bersangkutan.

Dodik Setiawan dikabarkan koma sejak bulan Juni 2016 lalu, TKI asal Dusun Sumber Manggis, Desa Barurejo, Kecamatan Siliragung, Banyuwangi sebelumnya dipekerjakan di salah satu pabrik.

Hingga saat ini Dissoskertrans tetap terus memantau dan berkordinasi pihak terkait.

Dodik saat ini masih koma di salah satu rumah sakit di Taichung, Taiwan, sementara keluarga dodik berupaya ingin membawa pulang untuk dirawat di Banyuwangi.

“kami tidak pernah dihubungi, kalau begini kan repot. Bertindak salah nggak bertindak nanti juga disalahkan. Pihak penyalurnya nggak kooperatif, walau kita sudah mengantongi dokumennya, kalau pindah kesini kan harus melalui prosedur,” ungkapnya

Informasi yang didapatkan Faktanews.co.id. dari Dissoskertrans Jawa Timur menyatakan, Bapak dua anak itu awalnya memang berangkat sebagai tenaga kerja legal sekitar April 2015 melalui jasa perusahaan penyalur tenaga kerja PT. Bama Mapan Bahagia, Malang.

“dua bulan kerja di Taiwan, dia sempat sakit sehingga perusahaan akan memulangkannya. Tapi saat di bandara dia kabur dan bekerja sebagai tenaga kerja ilegal,” kata sumber faktanews.co.id.via seluler. (2/8). (kin/van)

Komentar

comments

Tagged with