Tjahjo Kumolo : PPK Atur ASN Yang Diperbolehkan Kerja Dirumah

Faktanews.co.id.– Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) mengeluarkan surat edaran tentang aparatur sipil negara (ASN) bisa bekerja di tempat tinggalnya atau dirumah masing-masing.

Dalam Surat Edaran Menpan RB Nomor 19 Tahun 2020 ini, telah ditentukan waktunya dalam dua pekan kedepan.

“Pelaksanaan tugas kedinasan di tempat tinggal sebagaimana dimaksud, dilakukan sampai dengan tanggal 31 Maret 2020 dan akan dievaluasi lebih lanjut sesuai dengan kebutuhan,”kata Menteri PAN┬áRB Tjahjo Kumolo saat Conferens pers, Senin (16/3/2020).

Kebijakan bekerja di rumah ini diambil setelah jumlah masyarakat yang dinyatakan positif Covid-19 meningkat cukup tajam.

Bahkan, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menjadi salah satu menteri yang dinyatakan positif penyakit ini.

Lebih jauh Tjahjo menegaskan, dalam pelaksanaan tekhnisnya pimpinan instansi kementerian atau lembaga masing-masing akan membuat kebijakan yang mengatur siapa yang nantinya dapat bekerja di rumah dan siapa yang harus tetap bekerja di kantor.

Tjahjo menekankan bahwa praktik bekerja dari rumah dan tempat tinggal ini harus dilakukan dengan prinsip tidak mengganggu atau bahkan menghentikan pelayanan terhadap masyarakat.

“Pengaturan perlu dipastikan agar tidak mengganggu kelancaran penyelenggaraan pemerintahan dan pelayanan kepada masyarakat,” kata Tjahjo Kumolo.

Tjahjo pun memerintahkan seluruh Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK) di lingkungan Kemen PAN RB untuk menetapkan mekanisme bekerja yang memungkinkan PNS kerja dari rumah.

Walau demikian, bakal ada PNS yang tetap masuk kantor.

“PPK yang akan menentukan siapa yang bekerja dari rumah dan di kantor,” katanya.(*hay).

Komentar

comments