Tingkatkan PAD, Rumah Dinas Divalidasi Untuk Dikenakan Restribusi

Dispenda-BanyuwangiFaktanews.co.id.(Banyuwangi)- Untuk meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD) Banyuwangi dari penerimaan diluar pajak, dinas Pendapatan Daerah Banyuwangi sedang berupaya mereview kembali jumlah perumahan dinas milik aset daerah Pemkab. Banyuwangi.

Selama ini data mengenai jumlah rumah dinas (Rumdin) milik pemkab. Banyuwangi belum maksimal terhitung sebagai bagian untuk pengenaan restribusi yang tentu saja bisa untuk meningkatkan jumlah penerimaan PAD Banyuwangi.

Terkait aturan mengenai restribusi rumah dinas sudah termaktub dalam peraturan daerah (Perda) kabupaten Banyuwangi no. 5 tahun 2015 tentang perubahan kedua atas Perda. no 13 tahun 2011 tentang restribusi jasa usaha.

“kita akan koordinasi dengan pihak terkait, utamanya instansi yang mempunyai aset rumah dinas, dengan begitu kita bisa mengetahui jumlah sebenarnya rumah dinas yang termasuk dalam aset pemkab. Banyuwangi,” kata Plt Kepala Dinas Pendapatan Daerah Banyuwangi, Fajar Suasana.

Sementara itu, dalam Perda. no 13 tahun 2011 pemakaian rumah dinas terbagi dalam beberapa klasifikasi yang tarifnya terhitung dibayar dalam jangka waktu bulanan, untuk rumah dinas sekretariat daerah terbagi dalam klasifikasi B1, B2, C1,C2 dan D1,2,3.

Untuk Rumdin rumah sakit umum daerah (RSUD) dan dinas kesehatan terbagi dalam  B1, 2, 3, C1,2,3. D1,2,3. sementara itu unutk rumah dinas dalam lingkup dinas pendidikan (Dispendik0 Banyuwangi, terbagi dalam klasifikasi D1.

Untuk tarif rumah dinas kepala sekolah SD, SMP,SMA. D2 untuk klasifikasi Rumdin guru SD,SMP,SMA, D3 untuk Rumdin penjaga sekolah dikenakan 7 ribu rupiah setiap bulan.

Restribusi Rumdin juga dilaksanakan tanpa pengecualian, seperti restribusi rumah dinas pada dinas pertanian, kehutanan, perkebunan (Distanhutbun) Banyuwangi, Rumah dinas Pengairan, Rumdin Kecamatan.

Untuk sementara dalam catatan, Ratusan Rumdin milik Pemkab, Banyuwangi, berjumlah tiga ratus lebih, antara lain Rumdin PU Pengairan 176 buah, Rumdin kecamatan 23, Rumdin Dispendik 110 buah, Setda 27 Rumdin. ini belu termasuk Rumdin lain yang kemungkinan akan bertambah dalam validasi data dilapangan.

“kita ingin merincikan dulu semuanya, berap yang yang dipakai, pembayaran dikenakan kepada pemakainya,” kata Kabid pendataan dan Penetapan pada Dispenda Banyuwangi Hj. Sutjiati Andriani.(31/8). (makin).

Komentar

comments

Tagged with