Tatib Baru Dewan Disahkan

Tatib Baru Dewan Disahkan

Faktanews.co.id.-(Banyuwangi)– Rapat Internal DPRD Kabupaten Banyuwangi menghasilkan penetapan revisi Peraturan DPRD Banyuwangi tentang Tata Tertib Dewan, Selasa (21/01/2020).

Hasil ini merupakan penyesuaian dari Peraturan Pemerintah (PP) No. 12 tahun 2018 tentang penyusunan tata tertib DPRD dengan harapan kinerja dan produktifitas DPRD Kabupaten Banyuwangi semakin tertib dan meningkat baik tingkat kehadiran dalam rapat maupun cara berpakaian semua telah diatur.

Rapat paripurna ini dipimpin langsung Ketua DPRD, I Made Cahyana Negara didampingi Wakil ketua DPRD. M.Ali Machrus dan Ruliono, serta dihadiri seluruh anggota dewan.

Dengan adanya pengesahan ini, seluruh tata beracara dewan akan mengunakan tatib yang baru disahkan

“Dengan Tatib yang baru ini, harapanya produktifitas kinerja dewan semakin tertib dan meningkat, baik tingkat kehadiran dalam rapat maupun cara berpakaian semua telah diatur,”jelasnya.

Menurutnya, tak jauh dari sebelumnya, Dewan dalam menjalankan fungsinya melakukan tetap sebagai pengawas pelaksanaan Peraturan Daerah (Perda) dan Peraturan Bupati (Perbup) serta pelaksanaan ketentuan peraturan perundang-undangan yang lain terkait dengan penyelenggaraan pemerintahan daerah.

Begitu pula dalam fungsi pembentukan peraturan daerah, dalam tatib DPRD khususnya pada fungsi anggaran, telah diatur jadwal pembahasan Raperda komulatif seperti halnya tentang pertanggungjawaban pelaksanaan APBD, pembahasan KUA-PPAS APBD, Perubahan APBD maupun Raperda APBD tahun berikutnya.

“Sebenarnya tidak ada sesuatu yang baru, hanya menyesuaikan dengan PP No.12 Tahun 2018, sebelumnya kita mengunakan tatib yang lama, “ ucap Made Cahyana usai rapat paripurna.

Namun demikian, Dengan adanya pengesahan ini, seluruh tata beracara dewan akan mengunakan tatib yang baru disahkan.

“Dengan Tatib yang baru ini, harapanya produktifitas kinerja dewan semakin tertib dan meningkat, baik tingkat kehadiran dalam rapat maupun cara berpakaian semua telah diatur,”jelasnya.(*kin).

Komentar

comments